Mensos: Pasokan Beras Aman Hingga Lebaran


Pertanianku – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan jika pasokan beras sejahtera (rastra) untuk masyarakat kurang mampu dipastikan aman terpenuhi hingga Lebaran bahkan bulan berikutnya.

Mensos, Pasokan Beras Aman Hingga Lebaran

“Satu setengah bulan lagi kita masuk Ramadhan, saya cek ke gudang Bulog sekaligus mengingatkan kepala daerah supaya memastikan masyarakat terutama mereka yang muslim agar memiliki stok lebih tinggi di rumahnya,” jelas Khofifah seperti dikutip Antaranews (19/5).

Khofifah mengungkapkan penyaluran Rastra secara nasional sudah mencapai 87%, sedangkan di tingkat Provinsi Jabar lebih tinggi mencapai 91%. Sementara penyaluran ke wilayah kepulauan, kata dia, tidak dapat dilakukan setiap bulan karena terkendala biaya pendistribusian yang masih tinggi.

Untuk daerah kepulauan seperti Mentawai dan Meranti tidak bisa setiap bulan. Pemerintah pada APBN 2016 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp21,8 triliun untuk bantuan pangan yang sifatnya subsidi, seperti pembelian rastra hanya diihargai Rp1.600/kg. “Jadi, kalau 15kg mereka harus bayar Rp24.000, kalau ada yang lebih tinggi diatas harga sesuai dengan ketentuan karena mungkin yang bersangkutan tidak dapat mendapatkan sharing dari APBD,” tutup Khofifah.

Baca Juga:  Indonesia Kembangkan Pangan Lokal Menuju Lumbung Pangan 2045