Mentan Bantah Kapal Ternak Mangkrak


Pertanianku– Beredarnya kabar bahwa kapal ternak mangkrak lantaran ketersedian sapi lokal masih belum cukup segera ditepis oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman. “Itu dalam beberapa hari ini kapal ternak akan merapat lagi, siapa yang bilang mangkrak?,” ujar Mentan pada saat meninjau stan penjual daging sapi lokal murah di Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/2), seperti dilansir dari jitunews.com.

cara kastrasi pada sapi

Masih berdasarkan jitunews.com, beliau pun mengatakan, “Kami akan terus bekerja, terus mengoperasikan kapal ternak tersebut, karena kami mau tunjukkan dengan bukti.” Menurut beliau, hanya dengan bukti kerja keras pihaknya bisa mematahkan anggapan miring bahwa kapal ternak mangkrak.

Mentan berpendapat bahwa keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan masalah daging ini sudah sangat jelas. Hal itu terlihat dari disediakannya kapal ternak ini. Kapal khusus ternak yang dimaksud sudah dioperasikan oleh pemerintah. “Program kapal ternak ini baru pertama kali dilakukan dan hasilnya sangat efektif dalam menjaga kestabilan harga daging di pasar,” ujar Amran seperti dilansir dari jitunews.com.

Sehubungan dengan masih adanya fluktuasi harga serta gejolak pasar mengenai daging, Mentan menambahkan bahwa segala proses terus berlanjut. Beliau juga memastikan bahwa akan tiba waktunya saat permasalahan daging ini bisa teratasi.

“Persoalan daging ini kan persoalan lama, persoalan puluhan tahun tidak mungkin kita mengatasinya saat ini dan langsung harga-harga daging turun, tetapi semuanya berjalan dalam proses dan kalau proses ini sudah berjalan baik maka saya yakin harga daging pasti akan atabil dan membaik,” tutup Amran.

Terkait dengan jumlah kapal ternak, menurut Amran , pihaknya akan menambah jumlah armada kapal tersebut. Kami akan terus memperkuat keberadaan kapal ternak ini dengan segera menambah jumlahnya, dalam waktu dekat akan segera keluar 7 kapal khusus ternak yang baru dan ditambah yang saat ini sudah dioperasikan totalnya menjadi 8 kapal khusus ternak,” tegasnya.