Mentan: Harga Bawang Putih Sudah Turun


Pertanianku – Bawang putih merupakan salah satu komoditas pertanian yang hingga saat ini masih dominan impor dari Cina dan India. Menteri Pertanian RI (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimis dapat menstabilkan harga bahan pangan jelang Ramadan terutama bawang putih yang beberapa hari ini bergejolak naik. Bahkan, kini, perlahan tapi pasti harga bawang putih mulai turun.

“Bawang putih sudah turun,” kata Mentan Amran, belum lama ini, seperti mengutip Republika (12/5).

Lebih lanjut Mentan mengatakan, seharusnya komoditas impor memiliki harga yang lebih murah. Terlebih lagi dengan kebutuhan yang tidak terlalu besar. Menurut Mentan kebutuhan bawang putih RI cukup kecil, yakni sekitar 400—480 ribu ton per tahunnya.

Dari jumlah tersebut, sekitar 15—16 ribu ton untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.  “Terus mau bergejolak. Ya tentu nggak boleh,” tegas Mentan.

Lonjakan harga sempat terjadi menyentuh angka Rp60.000 per kilogram (kg). Namun, kata dia, pihaknya dan Kementerian Perdagangan segera mengambil sikap untuk menekan harga termasuk menggandeng para importir.

“Itu sudah selesai. Harganya antara Rp25.000—Rp30.000 per kg,” tambahnya.

Lebih lanjut Amran mengungkapkan, ada seorang pengusaha asal Surabaya yang menawarkan 600 hingga 1.000 ton dengan harga Rp23.000 per kg. Sebenarnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk memproduksi secara mandiri komoditas hortikultura tersebut, mengingat sejarah swasembada bawang putih pernah terjadi pada awal 1990.

Namun, kini produksi bawang putih nasional tidak lebih dari 10 persen kebutuhan. “Masalahnya di mana? Kemauan,” lanjutnya.

Bicara potensi, pada April lalu, Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah panen bawang putih sebanyak 3.040 ton. “Temanggung kita dorong lagi,” ungkap Amran.

Kementan akan menargetkan 2017 ini luas tanam bawang putih di Kabupaten Temanggung mencapai 800 hektare (ha). Angka tersebut diharapkan meningkat menjadi 10 ribu ha pada 2018 dan mencapai 20 ribu ha pada 2019.

Baca Juga:  Subsidi di Sektor Beras Jadi Prioritas Kementan Saat Ini
loading...
loading...