Mentan: Impor Jagung Turun Sebanyak 60%

Pertanianku – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa saat ini produksi jagung tengah berlimpah di berbagai daerah. Hal ini karena pemerintah telah menjamin harga jual jagung pada tingkat petani. Salah satunya adalah produksi jagung di Gorontalo beberapa waktu lalu.

Mentan: Impor Jagung Turun Sebanyak 60%

“Yang paling menggembirakan adalah jagung. Produksi Gorontalo naik 40–60% karena harga dijamin oleh pemerintah Rp3.150/kg,” ucap Menteri Pertanian, seperti dilansir dari Okezone (1/9).

Loading...

Saat ini, Amran mengatakan untuk meningkatkan kualitas jagung di Indonesia, pemerintah akan menyediakan lahan khusus untuk pengembangan produksi jagung. Tak hanya petani, importir pun juga dapat memanfaatkan lahan ini agar dapat memperoleh pasokan dari dalam negeri.

“Kami sudah sepakat dengan Mendag membangun sinergi dengan petani dan kami ingin beri kawasan khusus, ada 40 importir jagung, kami berikan kawasan khusus, kami beri anggaran Rp2 triliun—Rp3 triliun,” tutur Amran.

Selain jagung, Mentan juga menargetkan akan menekan impor gandum. Diharapkan, tahun depan impor ini akan dihentikan.

“Impor kita turun 60% sampai hari ini. Memang ada peningkatan gandum tapi tahun depan impor bisa kita hentikan. Bawang juga demikian,” tutup Amran.

Baca Juga:  Mentan Dorong Malang Jadi Sentra Bibit Alpukat Unggulan
Loading...
Loading...