Mentan: Indonesia Siap Ekspor Jagung


Pertanianku – Berkat kerja keras yang dilakukan Kementerian Pertanian, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pada tahun ini Indonesia tak lagi impor jagung guna memenuhi kebutuhan. Hal ini karena Mentan menggenjot produktivitas jagung tanah air. Hasilnya, Indonesia kini siap untuk mengekspor jagung ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

Foto: pixabay

”Setelah impor puluhan tahun, bahkan negara tetangga Malaysia dan Filipina kini siap mengimpor dari Indonesia,” kata Mentan Amran, dalam penanaman jagung perdana, di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, baru-baru ini seperti dilansir dari Republika (19/9).

Menurut Mentan, Indonesia sudah mengekspor jagung dari Gorontalo sebesar 200 ribu ton ke Filipina. Amran mengungkapkan, kebutuhan jagung dalam negeri sudah cukup, yaitu sebesar 21 juta hingga 23 juta ton.

Lebih lanjut Mentan mengatakan bahwa pemerintah, menargetkan produksi jagung hingga 23 juta ton. Selain Bengkulu, daerah yang menjadi lumbung jagung adalah Lampung, Sumatera Barat, Medan, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, dan Sulawesi.

”Yang penting kita tidak impor,” tegas Mentan Amran.

Baca Juga:  Dinas Pertanian Manado Bangun Tiga Kolam Ikan untuk Kelompok Tani Setempat
loading...
loading...