Mentan Ingin Upayakan Usaha Tani Menjadi Skala Bisnis

Pertanianku — Pada acara Sosialisasi Pemanfaatan Dana KUR dan Implementasi Kostratani yang diadakan di Wisma Negara CPI, Kota Makassar pada Sabtu, 25 Januari 2020 Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan harapannya untuk mengembangkan pertanian pedesaan menjadi pertanian maju, mandiri, dan modern. Mentan berkeinginan untuk mengupayakan usaha tani menjadi skala bisnis.

usaha tani
foto: pertanianku

“Peran itu nanti digerakkan oleh BPP sebagai pusat pelaksanaan Kostratani dengan mengefektifkan penyuluhan dan meningkatkan keahlian para penyuluh pertanian,” ujar Syahrul seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi di Indonesia, sektor pertanian dapat tetap bertahan di tengah kondisi perlambatan ekonomi yang sedang dihadapi Indonesia. Bahkan, pertanian yang dinilai kecil mampu meningkatkan pertumbuhan positif dalam pembangunan nasional. Salah satu kontribusi pertanian adalah menciptakan peluang pekerjaan.

Loading...

Hal tersebut akhirnya mendorong berbagai instansi seperti Kementerian Pertanian, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) untuk terus meningkatkan upaya mereka mengembangkan sektor pertanian lebih optimal.

Kostratani dibentuk untuk membantu para petani mengidentifikasi potensi komoditas unggulan agar bisa digunakan oleh para petani. Dengan menghasilkan komoditas yang unggulan, pastinya mampu meningkatkan harga jual dan petani akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Seluruh rangkaian tersebut akan berdampak pada kenaikan tingkat kesejahteraan petani jika terlaksana dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian juga menyerahkan bantuan bidang pertanian untuk Provinsi Sulawesi Selatan senilai Rp150 miliar. Bantuan yang diberikan tersebut berupa 50 unit traktor roda 4, 100 unit traktor roda 2, 30 unit combine harvester, 3,3 ribu ton benih padi, 2,7 ribu ton benih jagung hibrida, 180 ton benih kacang tanah, 25 ton benih kacang hijau, 33 benih kedelai, dan 100 pompa air.

Baca Juga:  KKP Terus Tingkatkan Mutu Hasil Perikanan

Bantuan yang diberikan oleh Menteri Pertanian dalam bentuk KUR yang diberikan pada 5 orang perwakilan dari setiap kelompok tani. Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian menyebutkan hingga 24 Januari 2020 KUR pertanian nasional sudah mencapai Rp600 miliar.

Seluruh bantuan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian diharapkan menjadi stimulan yang baik untuk masyarakat dalam mengubah paradigma pengolahan usaha tani menjadi skala bisnis sehingga produk yang dihasilkan berkualitas tinggi. Bantuan yang diberikan akan dikontrol dan dikendalikan langsung oleh Kostratani dan Agricultural War Room (AWR).

Loading...
Loading...