Mentan Izinkan Swasta Impor Jeroan dan Daging Sapi


Pertanianku – Salah satu paya pemerintah untuk menekan harga daging sapi dalam negeri adalah melakukan impor jeroan dan daging sapi jenis secondary cut. “Regulasi kita ubah, Insya Allah mudah-mudahan hari ini kita tanda tangan. Khususnya secondary cut kami buka, jeroan kami buka, asal negara yang penting bebas PMK,” ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sebagaimana dilansir Kompas (14/7).

Mentan Izinkan Swasta Impor Jeroan dan Daging Sapi

Amran menuturkan, dengan adanya pergantian regulasi lama menjadi yang baru, akan membuka jalan bagi perusahaan swasta untuk mengimpor jeroan dan daging jenis secondary cut. “Insya Allah, draft-nya masih ada diubah sedikit. Hal yang masih dalam perubahan draft seperti secondary cut bisa diimpor oleh siapa saja, begitu juga jeroan,” tutur Amran.

Amran menambahkan, dengan aturan baru tersebut pihaknya tetap memperhatikan nasib petani dan peternak lokal. “Tapi kita tetap jaga petani atau peternak di tingkat harga yang menguntungkan. Ini fokus pada Jabodetabek, karena impor kita 80–90% di Jabodetabek,” ucap Amran.

Sementara itu, peraturan sebelumnya, yaitu Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 58 Tahun 2015 menyebutkan impor jeroan dilarang untuk dilakukan dan untuk daging sapi secondary cut hanya diperbolehkan (impor) bagi BUMN dalam kondisi tertentu dan terlarang bagi perusahaan swasta.

Baca Juga:  Penting! Tips untuk Ternak Kelinci Modern