Mentan Luncurkan Kartu Petani di Lampung

Pertanianku — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim meluncurkan Kartu Petani Berjaya (KPB) di Desa Tempuran, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah pada Selasa (6/10).

kartu petani
foto: https://pertanian.denpasarkota.go.id/

Pada kesempatan yang sama, Mentan Syahrul juga menyalurkan polis Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) periode Januari hingga September sebesar 19.230,45 hektare serta KUR dari BNI sebesar Rp7 juta dan KUR Mikro dari BI sebesar Rp50 juta serta KUR dari bank daerah sebesar Rp20 juta

Kartu petani yang baru saja diluncurkan ini juga terintegrasi dengan KUR dan bisa digunakan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi yang disalurkan oleh Pemerintah.

Loading...

“Yang dilakukan Lampung adalah langkah tepat dan mempunyai visi ke depan. Kalau ingin melihat suatu daerah baik atau tidak, bisa dilihat dari pertanian. Dan pertanian Lampung ini bukan untuk Lampung saja, tapi untuk nasional,” papar Mentan seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Mentan menjelaskan bahwa sektor pertanian di tengah wabah pandemi Covid-19 terus mengalami pertumbuhan nyata sebesar 16,24 persen. Kegiatan ekspor pertanian pun tidak mengalami penurunan, bahkan dapat terus tumbuh.

“Dalam kondisi seperti ini, Kartu Petani Berjaya adalah jawaban. Kartu ini juga sejalan dengan tagar pertanian di mana petani harus maju, mandiri, modern. Kartu ini adalah jawaban dari kebutuhan petani,” jelas Mentan.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengapresiasi perilisan KPB dengan harapan kesejahteraan petani bisa meningkat melalui kartu ini.

“Dengan kartu ini, kita sama-sama berharap bisa mendukung kesejahteraan petani. Jika petani sejahtera, kita harapkan terjadi peningkatan produksi,” ujar Sarwo.

KPB ini diharapkan bisa memberikan kemudahan untuk petani agar kehidupannya bisa lebih sejahtera melalui peningkatan produksi.

Baca Juga:  Speectra, Inovasi Budidaya Ikan di Lahan Rawa Banjiran

Lampung merupakan salah satu sentra pertanian di Indonesia, banyak komoditas pertanian yang sudah berhasil dikembangkan di daerah tersebut. Misalnya padi, jagung, kopi, pisang, nanas, dan ubi kayu.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menilai KPB memiliki banyak manfaat untuk para petani. Kartu ini bisa menjadi sarana produksi, akses pembiayaan, penanganan panen dan pascapanen, pemasaran hasil, jaminan pendidikan, serta jaminan sosial.

Loading...
Loading...