Mentan Luncurkan Varietas Benih Padi Unggul


Pertanianku – Demi mewujudkan swasembada pangan dan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, Menteri Pertanian RI (Mentan) Andi Amran Sulaiman, kembali meluncurkan benih padi varietas baru atau yang dikenal dengan nama Green Super Rice (GSR).

Foto: pexels

Menteri Amran mengungkapkan, bahwa GSR memiliki dua varietas padi, yakni Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 43 Agritan GSR. Kedua varietas tersebut memiliki keunggulan dibandingkan benih padi pada umumnya, yakni produktivitas hasil padi bisa mencapai 10 ton per hektare.

Selain memiliki produktivitas yang tinggi, kedua varietas padi tersebut juga lebih ramah lingkungan. Sebab, mampu mengurangi penggunaan pestisida ataupun pupuk kimia. Menurut Amran, kedua varietas padi tersebut juga telah melalui tahap uji coba tanam dan mampu bertahan meski dilanda kekeringan ataupun banjir.

Selain itu, varietas ini tahan terhadap serangan hama wereng di berbagai daerah seperti Karawang, Indramayu, Cilacap, Banyumas, dan Kebumen.

“Ini baru saja kita melepas varietas baru, yaitu Inpari 42 dan 43, produktivitasnya 10 ton. Yang terpenting adalah ini tahan wereng dan kekeringan. Karena sekarang ada hama wereng tapi kita bisa selesaikan dengan baik,” terang Mentan baru-baru ini seperti melansir dari Kompas (23/8).

Kedua benih varietas baru tersebut telah diproduksi di Unit Produksi Benih Sumber (UPBS) Balai Besar (BB) Padi dan didistribusikan kepada pihak terkait, seperti UPBS Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan, serta produsen benih.

Hingga Juli 2017, UPBS BB Padi telah mendistribusikan benih sumber Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 43 Agritan GSR masing-masing sebanyak 1,4 ton dan 1,3 ton yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Saat ini stok benih Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 43 GSR masing-masing sebanyak 3,5 ton dan 5,3 ton benih sumber.

Baca Juga:  Walhi Aksi Tolak Pembangunan Pembangkit Listrik Batu Bara di COP-23

“Ke depan diharapkan benih tersebut terus menyebar luas dan memberikan dampak kepada kesejahteraan petani,” tutur Mentan Amran.

loading...
loading...