Mentan: Mahasiswa Pertanian Harus Berguna di Desa

Pertanianku — Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang harus melanjutkan roda aktivitas pertanian yang sudah dijalankan sejak zaman dahulu. Mahasiswa seharusnya bisa mengembangkan pertanian dengan pengetahuan yang sudah didapatkan dari perguruan tinggi negeri. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian ingin melakukan sinergi bersama perguruan tinggi yang menghasilkan mahasiswa pertanian yang ahli dalam bidang pertanian.

mahasiswa pertanian
foto: unsplash

Perkembangan zaman semakin pesat dan kini sistem pertanian pun sudah terpengaruh era modernisasi, di mana hampir seluruh alat pertanian sudah menggunakan kecanggihan teknologi. Mahasiswa seharusnya sudah bisa menguasai kecanggihan teknologi tersebut dari kampus sehingga bisa langsung diaplikasikan di lapangan.

“Dengan resolusi yang dekat dari satelit yang kita miliki, maka kita bisa lihat sebenarnya daerah mana yang akan panen berapa bulan lagi, seperti apa kemampuan hara yang ada di daerah dan ini semua harus dipelajari IPB (Institut Pertanian Bogor). IPB harus ada di setiap desa, kampus pertanian harus ada di setiap tiap daerah minimal ilmunya bisa berguna di desa,” ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menyampaikan narasinya dalam diskusi publik yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Andi Hakim Nasoetion IPB seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Loading...

Mentan memaparkan jika penguasaan dan pengembangan inovasi teknologi pertanian sudah sangat penting untuk diterapkan guna meningkatkan produktivitas yang akan berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan petani. Pasalnya, sektor pertanian merupakan sektor utama yang dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Jika sektor pertanian bisa maju, rumah tangga yang terlibat dalam bidang pertanian akan sejahtera.

“Bicara pertanian juga menemukan solusi harapan dan kebutuhan pangan, tidak hanya tugas pemerintah, tapi melibakan semua pihak. Dengan begitu, pertanian merupakan sebuah gerakan bersama membangun kebutuhan bangsa dan menyadarkan semua orang yang memiliki kepentingan publik untuk sama-sama membangun pertanian,” jelas Mentan Syahrul.

Baca Juga:  KKP Melepasliarkan 50 Tukik Hasil Penetasan Alami di Pantai Lowita

Oleh karena itu, penerapan konsep pembangunan pertanian modern sangat penting dilakukan oleh perguruan tinggi pertanian guna mempersiapkan generasi pertanian yang sudah pandai menguasai teknologi pertanian. Syahrul berharap perguruan tinggi pertanian mampu menjawab seluruh tantangan pertanian yang sedang dihadapi.

Pasalnya, manajemen pertanian yang saat ini masih digunakan sudah seharusnya diganti karena perkembangan zaman. Pertanian saat ini harus makin maju, mandiri, dan modern. Tantangan pertanian bagi Indonesia yang masih ada di depan mata adalah produksi, distribusi, dan tingginya biaya logistik yang harus dilakukan antarpulau.

Loading...
Loading...