Mentan Pastikan Tak Akan Impor Beras


Pertanianku – Memasuki bulan Agustus dan terlebih lagi menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun, Kementerian Pertanian memastikan bahwa pada bulan ini pihaknya tidak akan melakukan impor sejumlah komoditas seperti beras, jagung, bawang, dan juga cabai.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman seusai memimpin Rapat Koordinasi Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra) di Aula Rapat Kantor Gubernur Sultra, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Menteri Amran mengatakan, setelah menunjukkan kinerja positif pada sektor beras, jagung, bawang, dan cabai, maka dipastikan hingga agustus ini pemerintah tidak akan melakukan impor keempat komoditas tersebut yang biasanya pada Agustus pemerintah melakukan impor 2—2,5 juta ton.

“Setelah kita berhasil menunjukkan kinerja positif sektor padi, jagung, bawang dan cabai ini sudah positif dan ini sejarah baru kita tidak ada impor sampai ini bulan Agustus,” katanya.

Menurut dia, keberhasilan tidak melakukan impor menunjukkan capaian yang luar biasa dan merupakan hasil kerja keras seluruh stakeholder dalam mendukung sektor pertanian di Indonesia. “Ini capaian kita bersama dan kerja keras seluruh ‘stakeholder’ dalam membangun pertanian di Indonesia,” ungkapnya.

Selain tidak melakukan impor pada empat komoditas pertanian tersebut, Amran menyatakan, Kementerian Pertanian akan kembali membangkitkan kejayaan rempah-rempah Indonesia dengan mengalokasikan anggaran Rp5,5 triliun.

Baca Juga:  Ini Kata Mentan Soal Musim Kemarau Terkait Produksi Beras Lokal
loading...
loading...