Mentan Syahrul Yasin Limpo Tinjau TTIC Makassar

Pertanianku — Kini Toko Tani Indonesia Center (TTIC) hadir di Kota Makassar. TTIC  Makassar merupakan upaya Kementerian Pertanian untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membeli 11 komoditas bahan pokok selama masa pandemi Covid-19. Selain itu, kehadiran TTIC juga berguna untuk menyalurkan hasil panen yang dihasilkan oleh para petani kepada konsumen.

TTIC Makassar
foto: pixabay

“Hadirnya Toko Tani atau Pasar Tani fungsinya adalah sebagai stabilizer agar harga dapat terjaga dan berjalan normal,” tutur Syahrul Yasin Limpo seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Sistem belanja di TTIC dilakukan melalui aplikasi transportasi online agar masyarakat bisa belanja aman dari rumah. Upaya ini merupakan kolaborasi kerja sama antara Kementerian Pertanian dan beberapa transportasi online. Namun, masyarakat juga tetap bisa datang langsung ke toko untuk belanja, tetapi harus memperhatikan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan.

Loading...

“Kami sudah bekerja sama dengan angkutan online. Ibu-ibu yang ada di rumah tinggal menggunakan aplikasinya, belanja aman dari rumah seperti instruksi Bapak Presiden Joko Widodo. Tapi kalau belanja langsung di TTIC, tentu wajib menjaga protokol kesehatan,” ujar Syahrul.

Mentan memperingatkan kepada para konsumen yang datang berbelanja langsung ke toko untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan guna mencegah penularan Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Selamat berbelanja, jangan lupa jaraknya dijaga jangan terlalu dekat-dekatan. Sesampainya di rumah nanti langsung cuci tangan,” imbau Syahrul.

Sebelumnya, TTIC pertama kali dibuka di daerah Pasar Minggu Jakarta Selatan dan Depok. Nantinya, Toko Tani ini akan dibuka di beberapa wilayah lain di Indonesia.

Mentan juga menyampakan bahwa ketersediaan pangan seperti beras dan bahan pangan lainnya selama Ramadan aman, masyarakat tidak perlu khawatir dan panik. Tetap jaga kesehatan dan berpikir positif agar daya tahan tubuh semakin baik.

Baca Juga:  Kementan Tambah Jumlah Kuota Pupuk Subsidi untuk Tanggapi Keluhan Petani

Di kesempatan yang sama, Helda Desrianti, salah satu pembeli yang datang ke TTIC Makassar mengaku puas berbelanja di sana.

“Kualitas sayurannya bagus dan segar. Harga memang lebih murah, tapi ada juga beberapa yang hampir sama,” kata Helda.

 

Loading...
Loading...