Mentan Tambah Luas Lahan Pertanian Seluas 75 Juta Hektare Tahun Ini

Pertanianku – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan) Andi Amran Sulaiman sampai saat ini terus menjalankan program-program Kementerian Pertanian (Kementan) guna meningkatkan produktivitas di sektor pertanian. Bahkan, tahun ini Mentan akan menargetkan Luas Tambah Tanah (LTT) padi seluas 75 juta hektare (ha). Melalui program ini Mentan optimis dapat meningkatkan produktivitas padi di tanah air.

LTT merupakan rumus jitu untuk menghindari paceklik di Indonesia. Rumus yang selama ini ia gunakan adalah luas tanam padi pada Juli hingga September tidak boleh di bawah satu juta hektare. Amran menjelaskan, penanaman di bawah standar ambang batas dinilai berisiko tidak dapat memenuhi kebutuhan beras masyarakat.

Tahun lalu target LTT sebesar 73 juta ha dengan realisasi 78 juta ha. “Insyaallah Mei bisa menutupi kekurangan April. Baru 17 provinsi bisa mencapai 1,6—1,7 juta hektare,” ungkap Mentan, seperti mengutip Republika (9/5).

LTT padi April 2017 hingga tadi pagi sebesar 1,27 juta ha, tidak mencapai angka target 1,5 juta ha. Sebenarnya, angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1,2 juta ha.

Amran melanjutkan, hingga September diharapkan agar LTT tidak berada di bawah 6 juta ha. “Syukur-syukur bisa 6,5—7 juta ha,” kata dia. Sebab, periode Oktober—Maret tahun lalu LTT telah melampaui 500 ribu ha di atas target.

“Mei—September tahun ini menentukan wajah pertanian 2018,” tambah Amran.

Untuk mencapai target LTT, Amran meminta semua daerah berupaya mencapai target LTT. Jika tidak, pemindahan anggaran akan dilakukan ke kabupaten lain yang mampu memenuhi target LTT.

“Bila perlu jika di bawah 60—70 (persen dari target) dinolkan saja (anggarannya),” lanjut dia.

Sementara itu, bagi wilayah yang mampu meningkatkan LTT 30 persen dari target, akan menerima alokasi anggaran dari wilayah yang tidak memenuhi target LTT tersebut.

“Daripada kita di sini pusing-pusing tapi di daerah malah santai-santai,” tutupnya.

loading...
loading...