Mentan: Untuk Stok Beras Kita Sangat Aman

Pertanianku — Tak dimungkiri bahwa fenomena penyebaran virus Covid-19 menjadi pusat perhatian global karena akan memengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk dengan stok pangan seperti stok beras yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat. Selain itu, Indonesia kini tengah mempersiapkan masuknya Ramadan, bulan saat para umat Muslim menjalankan puasa dan disusul dengan Idulfitri. Hal ini menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah serta instansi terkait.

stok beras
foto: pixabay

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan sidak untuk memastikan beberapa stok bahan pangan utama tetap tersedia aman, bahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah wabah virus Covid-19. Mentan memastikan stok beras saat ini sudah sangat aman unntuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang tengah menjalani social distancing dan Work From Home (WFH).

“Stok beras kita 3 juta ton. Lalu di akhir bulan Maret—April kita akan panen lagi. Kalau semua berjalan lancar akan ada tambahan sebesar 8 juta ton. Untuk itu, stok beras kita sangat aman,” ujar Mentan seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Loading...

Dalam kesempatan yang sama, Mentan mengatakan saat ini pemerintah mengawal 11 komoditas pangan secara intensif untuk menjaga ketersediaannya agar tetap aman hingga semua ini berlalu. Kesebelas komoditas tersebut antara lain beras, jagung, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar.

Komoditas selanjutnya adalah cabai rawit, daging sapi/daging kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng. Kesebelas komoditas tersebut selalu dalam pantauan intens, baik dari ketersediaan maupun harga.

“Kita terus validasi datanya, Insya Allah aman. Kalau stok kita cukup, mestinya harga tidak boleh naik. Kita yakin stok yang ada di Bulog, pasar-pasar dan di rakyat cukup besar,” ujar Mentan.

Baca Juga:  Konsumsi Ikan untuk Meningkatkan Imunitas di Tengah Wabah Covid-19

“Saya juga sangat optimis melihat stok beras yang ada. Di Jakarta masalah beras harusnya sudah selesai. Tinggal kita mem-backup seluruh wilayah di Indonesia saja,” sambungnya.

Dalam acara yang sama, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jawa Aride Prasetyo Adi juga memastikan stok beras di Jakarta sudah terkendali dengan aman di tengah wabah Covid-19.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...