Menteri Susi Cabut Larangan Penggunaan Cantrang


Pertanianku — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akhirnya mencabut larangan penggunaan cantrang dan mengizinkan para nelayan menggunakan alat tangkap itu untuk menangkap ikan di laut.

larangan penggunaan cantrang
Foto: Gogle Image

Keputusan tersebut diambilnya setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi bersama kepala daerah dan perwakilan nelayan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Susi turun langsung menemui para nelayan yang berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Di hadapan demonstran, dia menyampaikan bahwa kapal cantrang boleh kembali melaut dengan sejumlah syarat. Salah satunya, yaitu jumlah kapal cantrang tidak boleh bertambah lagi.

“Bapak dan Ibu semua yang hadir hari ini, keputusan tadi mohon dihormati. Saya tidak mau ada cantrang ilegal masih melaut. Tidak boleh ada kapal tambahan lagi,” tutur Susi di atas mobil komando di Pintu Barat Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Selain itu, ia menuturkan bahwa semua data kapal cantrang harus segera diperbaharui. Termasuk ukuran besar kapal yang digunakan untuk melaut. Jika melanggar, maka Susi dengan tegas akan menenggelamkan kapal tersebut.

“Tapi semua harus berniat beralih alat tangkap. Harus. Kalau tak setuju tak cabut lagi. Kan, katanya sampeyan mau jaga Pak Jokowi, toh? Kalau kalian masih mbandel terus nelayan tradisional marah, kan, Pak Jokowi tidak suka. Jadi, tolong kompromi ini dihormati,” ujar dia yang disambut riuh demonstran.

Pada kesempatan itu, Susi pun sekalian menyampaikan, nelayan yang membutuhkan kredit perbankan harus segera berkoordinasi dengan kepala daerahnya dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dalam hal pergantian alat tangkap ikan.

“Setuju? Kalau tidak setuju, saya cabut lagi (diperbolehkan menggunakan cantrang)!”‎ seru Susi.

Baca Juga:  Perkenalkan, 7 Kerang Raksasa di Indonesia
loading...
loading...