Menteri Susi: Perikanan Jadi Komoditas Unggulan Indonesia


Pertanianku – Sektor kelautan dan perikanan saat ini menjadi komoditas unggulan. Bahkan, menjadi sumber prekonomian Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Sumber daya kita yang kaya seperti minyak dan tambang, sudah hampir habis dan tidak akan kembali. Tapi, kita masih punya satu kelautan dan perikanan, sumber daya alam yang sustainable, yang bisa terus-menerus sustain,” ujar Menteri Susi belum lama ini seperti melansir Okezone (20/4).

Menurut Menteri Susi, hal tersebut dapat tercapai apabila sumber daya alam sektor kelautan dan perikanan benar-benar dijaga dengan benar oleh berbagai pihak.

Menteri Kelautan dan Perikanan berpendapat, terbitnya Perpres Nomor 44 tertanggal 18 Mei 2016 adalah salah satu bentuk komitmen Presiden Joko Widodo untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan Indonesia.

Perpres tersebut, yang memasukkan aktivitas perikanan tangkap ke dalam daftar negatif investasi asing, dinilai merupakan sebuah kemenangan nasional milik bangsa Republik Indonesia.

“Itu adalah suatu kemenangan nasional, kemenangan bangsa Indonesia. Tetapi apabila kita tidak bisa menjaga ini, maka habislah sumber daya alam terakhir yang kita punya,” ucapnya.

Menteri Susi juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap sumber daya laut Indonesia yang sangat beragam dan berharga.

Untuk itu, berbagai kebijakan KKP dalam memberantas pencurian ikan seperti moratorium kapal dinilai sudah menunjukkan hasil yang baik dalam menjaga laut. Menteri Susi berpesan agar tak goyah atas tekanan yang akan ditujukan kepada Indonesia dari berbagai pihak atas dalam menjalankan komitmen KKP yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Ingin Coba Membuat Ikan Asin? Begini Langkah Mudahnya
loading...
loading...