Menurunkan Kadar Gula Darah Dalam Waktu 30 Menit dengan Jamblang

Pertanianku— Jamblang termasuk buah yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi atau meminimalisir penyakit diabetes melitus. Cara konsumsinya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 5–6 buah jamblang yang sudah masak. Setelah itu, konsumsi buah secara langsung. Daging buah jamblang dapat menurunkan kadar gula dalam kurun waktu 30 menit.

buah jamblang
foto: Trubus

Namun, tahukah Anda, yang berkhasiat bukan hanya daging buah jamblang, melainkan bagian-bagian tanaman lain seperti biji dan kulit kayu jamblang.

Bila Anda menggunakan kulit kayu, ambil kulit kayu sebanyak 250 gram. Setelah itu, cuci dan potong-potong seperlunya. Rebus kulit kayu dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa dua gelas. Setelah dingin, saring dan minum setengah atau sekaligus.

Sementara itu, bila ingin memanfaatkan biji jamblang, Anda bisa menggunakannya dalam bentuk serbuk. Sekali membuat ramuan, Anda membutuhkan 1 gram serbuk biji.

Di Cina, tanaman ini dikenal dengan nama hainan pu tao, wu kao guo, atau zi pu tao. Sementara itu, bahasa Inggris jamblang adalah java plum. Bagian biji, daun, dan kulit kayu jamblang dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes melitus tipe 1.

Di dalam buah terdapat minyak atsiri, fenol, alkaloid, asam organik, triterpenoid, dan resin. Resin di dalam jamblang berwarna merah tua dan mengandung asma elagat serta tannin.

Sementara itu, biji jamblang mengandung fatty oil sebanyak 3–5 persen yang terdiri atas oleic acid, myristic acid, palmitic acid, linoleic acid, sterculiac acid dan malvalic acid, serta vernolic acid. Di dalam biji juga terdapat tannin.

Daging buah jamblang terkenal memiliki rasa asam, manis, bersifat sejuk, astringent kuat, dan beraromatik. Buah ini dapat menurunkan risiko timbulnya aterosklerosis hingga 60–90 persen pada penderita diabetes melitus. Hal tersebut dikarenakan kandungan oleanolic acid yang dapat menekan radikal bebas dalam pembentukan plak ateroma.

Baca Juga:  Cara Membuat Minyak Sirih