Menyantap Durian Langsung di Kebunnya, Bagaimana Rasanya?


Pertanianku – Bagi Anda para pecinta durian, pernahkah Anda menikmati durian langusng dari kebunnya. Pasalnya, terdapat agrowisata kebun durian yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati durian yang langsung dipetik dari pohonnya. Pasti sangat berbeda bukan sensasinya?!

Biasanya orang mengonsumsi durian dengan membelinya di penjual durian yang terdapat di pinggir jalan ataupun supermarket buah. Nah, bagaimana rasanya makanan durian langsung di kebunnya ya?!

Salah satu tempat agrowisata durian adalah Warso Farm yang berlokasi di Cihideung, Desa Cipelang, Cijeruk, Kota Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai ke agrowisata ini jika Anda dari Jakarta, tentunya harus melewati tol Jagorawi, lalu keluar di jalur arah Sukabumi. Sekitar 15 menit dari sana melewati Pasar Caringin, hingga patung durian dan buah naga menyambut Anda di sisi jalan. Untuk masuk ke agrowisata ini, tidak dikenakan biaya sama sekali.

Warso Farm, memiliki luas sembilan hektare, dipenuhi oleh buah-buahan segar, terutama durian. Ada lebih dari 900 pohon dari total 12 jenis varietas durian di sini. Di antaranya durian petruk dari Jepara, monthong dari Thailand, musang king dari Malaysia, lay dari Kalimantan Timur, pelangi dari Papua, sukun dari Karanganyar, dan durian-durian lain hasil persilangan di kebun ini.

Ketika memasuki area Warso Farm, Anda akan disambut aneka kuliner olahan durian dan buah naga di sisi depan agrowisata ini. Ada jus, surabi durian, pancake, dan es krim. Namun, jangan tergiur dahulu sebelum Anda masuk ke kebun yang dipenuhi lebatnya buah tersebut.

Anda bisa menikmati kebunnya dengan berjalan kaki menyusuri jalur yang sudah dibeton. Jika beruntung, Anda dapat menumpang mobil patroli Warso Farm, bentuknya seperti mobil golf. Sepanjang jalan Anda dimanjakan dengan pemandangan berbagai jenis buah durian yang besar nan lezat. Hebatnya lagi durian di sini panen sepanjang tahun. Menurut Gatot Djoko Pramono, asisten manager Kebun Durian Warso, ini berkat rekayasa pemupukan yang dilakukan Warso Farm.

Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan

Kebun durian Warso Farm ditata per kelompok jenis duriannya. Blok pertama adalah kelompok durian monthong yang berseberangan dengan durian petruk. Blok selanjutnya, dihuni oleh durian jenis lain. Selain rapi, pohon durian di sini termasuk pendek-pendek. Tingginya tidak sampai 2 meter sehingga Anda bisa dengan mudah menjangkaunya. Bahkan, beberapa pohon ada yang hanya setinggi lutut orang dewasa.

loading...
loading...