Menyemai Biji Jambu Biji Menjadi Bibit Buah

Pertanianku— Jambu biji dapat diperbanyak secara generatif melalui biji buah. Jika Anda menanam dari biji buah, besar kemungkinan tanaman yang dihasilkan berbeda dengan tanaman induknya, bisa jadi tanaman tersebut menghasilkan buah yang lebih bagus atau justru kurang bagus. Sebelum bertanam, biji jambu biji harus disemai terlebih dahulu.

biji jambu biji
foto: pertanianku

Biji jambu biji yang akan ditanam perlu direndam di dalam air selama satu jam. Setelah direndam, Anda akan mendapati biji yang tenggelam dan biji yang mengapung. Gunakan biji yang tenggelam dan buang biji yang mengapung.

Setelah mendapatkan biji-biji yang akan disemai, langkah berikutnya ialah menyiapkan wadah semai berupa tray yang sudah berisi media tanam. Media tanam yang bagus untuk menyemai biji jambu biji ialah tidak terlalu liat dan berat. Media tanam tersebut harus mampu mencengkeram akar tanaman, porous, dan kaya kandungan unsur hara.

Gunakan tray semai dengan lubang berukuran besar agar mampu menopang pertumbuhan biji selama fase persemaian.

Biji yang baru saja direndam perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum akhirnya ditanam pada media persemaian. Letakkan wadah tray semai di daerah yang ternaungi. Tanaman tetap membutuhkan sinar matahari, tetapi tidak penuh. Biji tidak boleh ditanam terlalu dalam, cukup sekitar 5—10 mm. Selama masa pertumbuhan, Anda perlu rutin memberikan air secukupnya minimal setiap hari sekali.

Biasanya, biji akan tumbuh di hari ketujuh setelah disemai. Bibit jambu sudah bisa dipindahkan ke lahan atau polibag berukuran 15 cm × 21 cm setelah berumur satu bulan.

Biji yang digunakan sebagai bibit harus berasal dari varietas unggul. Varietas yang unggul biasanya ditandai dengan buah yang manis, besar, produksinya banyak, cepat berbuah, dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Cair dari Kotoran Kambing

Pastikan buah tersebut sudah tua sekali agar biji yang diekstrasi bisa cepat berkecambah. Jika biji sudah diekstrasi, Anda bisa langsung menyemai biji tersebut. Namun, apabila biji tersebut tidak langsung ditanam, Anda perlu menyimpan biji tersebut di dalam kantong tertutup yang terbuat dari aluminium foil.

 

 


loading...