Menyiapkan Kandang dan Peralatan Pendukung Elba


Pertanianku – Kandang merupakan rumah bagi ayam elba. Selain itu, kandang berfungsi sebagai tempat berlindung, berkembang biak, dan mempermudah pengawasan ternak dalam proses produksi, merawat kesehatan, dan vaksinasi. Tanpa ketersediaan kandang yang memadai, mustahil peternak bisa mendapatkan hasil yang baik dari ternaknya.

Dengan adanya kandang, proses pemeliharaan ayam bisa lebih terkendali dan efisien sehingga produksinya akan berjalan sesuai dengan harapan peternak. Secara tidak langsung, kandang juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil peternakan. Untuk pembibitan secara intensif ini, kandang yang dibutuhkan adalah kandang baterai dan kandang kawin. Sebagian besar peternak membuat kandang dari bambu atau kayu, termasuk kandang perkawinan. Kandang baterai berfungsi untuk memelihara induk sampai siap dikawinkan dan menghasilkan telur. Sementara itu, kandang kawin digunakan untuk mengawinkan induk dengan perbandingan tertentu.

Untuk sarana pelengkap yang dibutuhkan antara lain tempat pakan dan minum, mesin tetas, dan tempat telur. Tempat telur berfungsi agar telur tidak bececeran atau terijak oleh induk ketika berada di dalam kandang. Wadahnya bisa terbuat dari kayu. Modifikasi wadah juga bisa dilakukan yaitu dengan memiringkan lantai kandang sehingga telur akan langsung jatuh ke tempat telur. Tempat pakan dan minum sudah jelas fungsinya, yaitu agar pakan dan minum tidak berceceran. Untuk induk, tempat pakan dan minum bisa terbuat dari bambu atau kayu yang dibentuk. Bisa juga menggunakan wadah pakan dan minum yang sudah banyak dijual di poultry shop. Mesin tetas berfungsi untuk menetaskan telur menjadi DOC.

 

Sumber: Buku Ayam Elba Kampung Petelur Super

 

Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!
loading...
loading...