Menyiapkan Media Tanam dan Peralatan Budi Daya Jamur Tiram

Pertanianku – Jika ruangan dan rak sudah siap, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan baglog berisi campuran media yang kaya akan nutrisi sebagai tempat pertumbuhan tubuh buah jamur. Baglogyang digunakan bisa berupa baglog siap pakai yang bisa dibeli daripenyedia bibit atau dengan membuatnya sendiri. Bila ingin praktis, sebaiknya gunakan baglog siap pakai. Namun, bila ingin membuatsendiri, hal pertama yang harus diperhatikan adalah persiapan dan penyediaan media.

rak-baglogMedia untuk pembesaran jamur tiram antara lain substrat kayu, serbuk kayu, ampas tebu, atau sekam. Namun, yang banyak digunakan adalah serbuk kayu yang berfungsi sebagai penyedia nutrisi bagi jamur. Serbuk kayu yang digunakan sebaiknya bersumberdari kayu keras seperti kayu sengon atau kayu mahoni. Hal ini karena  kayu keras banyak mengandung selulosa yang dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan jamur. Serbuk kayu dapat diperoleh dari tempat pemotongan atau penggergajian kayu. Serbuk kayu yang akan digunakan sebagai media pembesaran jamur harus dikomposkan terlebih dahulu, yakni dengan menutupnyamenggunakan plastik/terpal selama 1—2 hari. Untuk  menunjang pertumbuhan jamur, ke dalam serbuk kayuditambah bahan lain seperti dedak halus, tepung jagung,  dan gips atau kapur (CaCO3).

Proses pembuatan baglog belum selesai sampai di situ karenamasih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yakni prosespenanaman bibit ke baglog. Untuk menunjang proses ini, dibutuhkan prasarana berupa bibit semai, kantong plastik ukuran 20 cm x 30 cm untuk meletakkan campuran media, cincin paralon/bambu untuk mengikat plastik, pembakar bunsen, sendok spatula, serta alat sterilisasi baglog berupa drum atau oven/steamer.

Loading...
Baca Juga:  Keunggulan Padi Organik yang Mendatangkan Keuntungan Berlipat
Loading...
Loading...