Menyimpan Pisang? Ya, Begini Caranya!


Pertanianku – Buah pisang memang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan juga mengenyangkan. Bahkan, buah berwarna kuning ini sering dijadikan camilan sehat bagi mereka yang menjalankan diet. Selain itu, buah satu ini juga mudah didapatkan dan harganya relatif murah.

Foto: pexels

Biasanya seseorang membeli pisang dalam keadaan banyak. Seringkali orang akan menyimpan pisang di dalam kulkas, terlebih lagi jika pisang yang dibeli belum terlalu matang.

Pisang adalah buah tropis. Tak heran, kita sangat mudah menemukan buah ini sepanjang tahun, dalam berbagai jenis. Ini juga yang membuat buah pisang jadi tidak tahan dingin.

Menyimpan pisang di kulkas justru akan membuatnya tidak bisa benar-benar matang, setidaknya begitu menurut pakar pisang dari Chiquita Banana, mengutip Health, Senin (14/8). Bahkan, setelah diletakkan kembali di suhu ruang, kemungkinan pisang untuk matang akan hilang.

Saat pisang matang, rasanya akan jadi semakin manis, lembut, dan harum, sekaligus jadi kecokelatan. Perubahan warna pada pisang itu bukan berarti sudah busuk. Hal itu adalah proses alami. Dan, semakin pisang matang, akan semakin cokelat warnanya.

Jika Anda ingin menyimpan pisang di dalam kulkas, waktu terbaik melakukannya adalah ketika sudah mulai muncul bintik-bintik cokelat di kulit pisang. Hal ini menandakan, karbohidrat di dalamnya sudah berubah jadi gula.

Harold McGee dalam On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen mengatakan, “Begitu buah matang, mereka bisa disimpan di kulkas saat kulitnya sudah mulai muncul bercak.” Tapi dia juga mengingatkan, kulit buah tetap bisa menghitam.

Anda tak perlu khawatir, pisang yang sudah menghitam itu tetap bisa dikonsumsi walaupun penampilannya tidak terlihat meyakinkan. Christina Tosi dari Milk Bar justru mengatakan, pisang yang sudah menghitam itulah yang akan memberikan rasa dan wangi terbaik ketika diolah menjadi makanan.

Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik

Cara terbaik yang dapat Anda lakukan guna menjaga buah tersebut agar tetap segar dan bertahan lama dengan membelinya ketika buah masih berwarna hijau. Lalu, biarkan pisang ada di suhu ruang sampai hingga buah siap disantap.

Perlu diingat jangan sekali-sekali Anda menyimpan pisang di dalam plastik atau tempat yang tertutup ya. Sebab, hal ini akan membuat buah cepat membusuk.

loading...
loading...