Menyusun Formula Pakan Sapi Potong dengan Metode Segi Empat Pearson

Pertanianku — Formula pakan sapi potong disusun dengan beberapa metode. Seluruh metode tersebut dapat berguna untuk mendekatkan kandungan nutrisi bahan pakan dalam memenuhi kebutuhan gizi asupan sapi. Metode penyusunan formula yang sering digunakan oleh peternak adalah rancang coba, aljabar, segi empat pearson, dan komputer.

segi empat pearson
foto: Pertanianku

Di antara keempat metode pembuatan pakan tersebut, metode yang sering diterapkan adalah segi empat pearson.

Metode segi empat person dianggap lebih mudah dan sederhana. Metode ini menyusun ransum hanya dengan satu kriteria, seperti TDN, protein, atau energi. Zat pakan yang digunakan harus benar-benar tepat dan berperan besar terhadap pertumbuhan sapi sehingga penggunaan metode segi empat pearson dapat lebih akurat.

Formula pakan yang tepat dapat membuat bobot sapi potong bertambah dengan pesat. Bahan pakan yang digunakan berasal dari zat hewani ataupun nabati. Anda bisa meramu pakan sapi potong dengan komposisi yang sederhana, tetapi tidak mengurangi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh sapi selama masa pemeliharaan.

Pada umumnya nutrisi sapi yang paling besar adalah energi sekitar 60—70 persen dari total digestible nutrients (TDN). Selanjutnya, protein kasar sekitar 12 persen dan lemak sekitar 3—5 persen.

Sebelum menyusun formula pakan, Anda perlu mengetahui kebutuhan zat pakan harian dan pertambahan bobot badan harian yang diinginkan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui komposisi zat pakan masing-masing bahan pakan yang akan digunakan.

Kebutuhan pakan harus dihitung dengan cara yang tepat atau sesuai dengan target pertumbuhan bobot tiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan bobot badan sapi yang diinginkan ketika waktu panen tiba. Perhitungan kebutuhan pakan dapat Anda sesuaikan dengan waktu penggemukan sapi, yakni sekitar tiga bulan atau 90 hari.

Baca Juga:  Jurus Jitu Menjaga Kesehatan Domba agar Tetap Prima

Perhitungan kebutuhan pakan dilakukan dua kali, yaitu pada awal penggemukan dan pada hari ke-50. Dengan begitu, peternak akan mendapatkan bobot sapi potong yang diinginkan.

Komposisi bahan pakan yang digunakan sebaiknya berasal dari bahan yang mudah didapat agar Anda mampu menjaga keberlangsungan persediaan pakan. Selain itu, perhatikan juga kandungan nutrisi dan harganya.

Di dalam buku Penggemukan Sapi Potong Hari Per Hari membahas secara jelas tentang metode penyusunan formula pakan dengan metode segi empat pearson yang mudah dimengerti. Tidak hanya penyusunan formula pakan, di dalam buku tersebut juga terdapat berbagai informasi mengenai penggemukan sapi potong yang benar. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.