Meramu Obat Alami Untuk Cacingan

Pertanianku Cacingan pada umumnya jarang disadari hingga timbul gejala seperti sakit perut, mual, diare, muntah, kelelahan, dan penurunan berat badan. Cacing yang dapat menginfeksi manusia memiliki banyak jenis salah satunya cacing gelang. Jika Anda sudah terinfeksi cacing gelang, ada beberapa obat alami cacing gelang yang dapat Anda ramu sendiri di rumah.

cacingan
foto: pixabay

Cacing gelang merupakan jenis cacing yang biasa menyerang manusia. Biasanya cacing ini ditularkan dari makan yang telah terkontaminasi oleh telur cacing, lalu makanan tersebut dikonsumsi oleh manusia.

Jika tidak segera diatasi, cacing-cacing yang menginfeksi di dalam tubuh manusia akan berkembang biak dalam jumlah banyak. Simak cara meramu beberapa resep obat herbal untuk penyakit cacingan dengan bahan-bahan alami seperti berikut.

Loading...

Biji pepaya

Bahan-bahan:

– Biji pepaya masak dan kering sebanyak 30 biji

– Temu giring 1 jari tangan

– Air 2 gelas

Cara membuat:

  1. Kupas kulit temu giring, lalu diiris tipis-tipis.
  2. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 2 gelas hingga air menyusut sebanyak1 gelas, lalu disaring.

Aturan pakai untuk obat alami ini diminum 2 kali sehari pada pagi sebelum makan, dan malam sebelum tidur selama 3 hari berturut-turut. Dosis untuk anak umur 2—3 tahun sebanyak 3 sendok makan, sedangkan anak umur 4—5 tahun sebanyak 5 sendok. Sementara, anak umur 6—8 tahun sebanyak ¼ gelas, anak umur 9—12 tahun sebanyak 1/3 gelas, dan untuk dewasa sebanyak ½ gelas.

Buah nanas muda

Bahan-bahan:

  • 1 Buah nanas muda yang cukup besar
  • Madu 2 sendok makan

Cara membuat:

Buah nanas dikupas lalu diparut. Hasil parutan buah ditambah madu, lalu diperas dan disaring. Ramuan ini dapat diminum sebanyak 1 kali sehari. Obat alami ini tidak diperbolehkan untuk ibu hamil.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Maag yang Mudah Dibuat

Buah pinang

Bahan-bahan:

  • Serbuk buah pinang 1 sendok
  • Air panas setengah gelas
  • Madu 1 sendok makan

Cara membuat:

  1. Serbuk buah pinang dicuci hingga bersih, lalu digiling hingga halus.
  2. Seduh serbuk yang telah digiling dengan air panas dan ditambahkan madu.

Obat alami ini dapat diminum saat suhunya sudah suam-suam kuku. Ramuan ini dapat diminum sebanyak 1 kali sehari hingga cacingan sembuh.

 

 

Loading...
Loading...