Merawat Agar Kacang Buncis Tumbuh Optimal


Pertanianku – Kegiatan perawatan yang perlu dilakukan pada penanaman buncis, antara lain pemupukan dan pemasangan ajir. Berikut penjelasannya.

Rawat Agar Kacang Buncis Tumbuh Optimal

  1. Pemupukan

Pupuk buatan diberikan pada waktu tanam dan 30 hari setelah tanam, sebanyak 200 kg urea + 200 kg TSP + 100 kg KCl untuk luas lahan 1 ha. Pemupukan pertama sebanyak setengah dosis, yakni 2,2 g urea + 2,2 g TSP + 1,1 g KCl per tanaman yang diletakkan dalam tugal di sebelah kanan dan kiri lubang tanam. Sebaiknya pemupukan kedua dilakukan setelah selesai menyiangi gulma supaya mudah pelaksanaannya.

Sebaiknya pemberian pupuk susulan ini dilakukan sesudah penyiangan dan sebelum pemasangan ajir. Apabila ajir telah dipasang, pemberian pupuk akan mengalami sedikit kesulitan karena terhalang lanjaran bambu (ajir).

  1. Pemasangan ajir

Dari lebar bedengan dan jarak antarbaris tanaman, tampak bahwa tiap bedengan ada dua baris tanaman yang saling berhadapan. Ajir dipasang dekat tanaman dan ujung dari empat ajir diikat menjadi satu membentuk piramida. Tujuannya agar kuat menghadapi tiupan angin kencang. Tinggi ajir idealnya 2 m yang dibuat dari belahan bambu yang kuat.

Sambil memasang ajir, tanaman yang mulai merambat (biasanya berdaun 5—6 helai) dibelitkan pada ajir dengan arah ke kiri (berlawanan arah jarum jam). Pengikatan lanjaran tersebut harus diatur sedemikian rupa, misalnya baris 1 dan 2, baris 3 dan 4, dan seterusnya, hingga antara baris 2 dan 3, baris 4 dan 5 dapat menjadi jalan bagi pekerja.

 

 

Sumber: Buku Kacang Sayur

 

Baca Juga:  Tren Bertanam Sayuran di Kota yang Perlu Anda Coba
loading...
loading...