Merawat Anjing Baru


Pertanianku – Salah satu saat yang menyenangkan adalah ketika rumah Anda kedatangan anggota keluarga yang baru, yaitu seekor anak anjing yang mungil dan lucu. Semua hal yang terbaik diberikan kepadanya. Namun, beberapa hari kemudian timbul masalah yang sangat mengganggu pikiran Anda. Anak anjing kesayangan Anda tidak mau makan, stres, mencret , dan lain-lain.

Merawat Anjing Baru

Untuk menghindari hal-hal di atas, ikuti tip-tip berikut ini.

  1. Setelah anjing yang baru Anda beli tiba di rumah, sebaiknya diletakkan di tempat yang tenang. Jangan mengajak anjing bermain terlebih dahulu dalam 2—3 jam. Biarkan anjing beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
  2. Jangan langsung memberi makan pada anjing baru. Hal ini sering dilakukan oleh pemilik anjing baru. Anak anjing yang baru tiba di rumah baru jika dalam kondisi sehat pasti akan langsung makan makanan yang diberikan walaupun masih stres. Sebaiknya diberi makan 12 jam setelah anjing itu tiba di rumah. Anjing yang langsung diberi makan pada saat datang biasanya akan muncul masalah beberapa hari kemudian, seperti mogok makan.
  3. Berikan makanan secukupnya. Jangan memberi makan terus-menerus jika porsi yang diberikan pada anjing sudah habis. Anak anjing yang sehat pasti akan menghabiskan makanan berapa banyakpun yang ada sampai perutnya penuh. Terlalu banyak makan dapat menyebabkan mencret.
  4. Anjing yang baru (berapapun usianya) sebaiknya tidak dimandikan atau diberi vaksinasi minimal 1 minggu sejak datang.
  5. Anak anjing yang baru pasti akan “menangis” dalam beberapa hari. Bila hal itu terjadi, Anda dapat membiarkan saja. Hal ini biasanya berlangsung sekitar 2—3 hari.
  6. Cek kesehatan anjing yang baru Anda beli ke dokter hewan.

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...