Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini


Pertanianku Merawat ginjal itu penting sebab ginjal merupakan organ yang berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh terhindar dari kotoran yang dihasilkan oleh tubuh.

merawat ginjal
Pixabay

Namun tahukah Anda? Bila ginjal tidak dijaga dengan baik, kotoran makanan yang masuk ke ginjal akan menumpuk dan merusak tubuh.

Dikutip dari Times of India, ada lima makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Yuk, simak uraian berikut ini.

  1. Paprika merah

Anda pasti tahu paprika merah. Sayuran rendah kalium ini merupakan sumber vitamin C dan vitamin A, serta vitamin B6, asam folat, dan serat. Paprika merah ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah ginjal. Paprika merah juga mempu menjaga kesehatan ginjal karena kandungan seratnya sangatlah baik untuk ginjal.

  1. Apel

Buah yang satu ini dikenal dapat mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi penyakit jantung, dan mengurangi risiko kanker. Buah apel tinggi serat dan memiliki senyawa anti-inflamasi. Buah apel mampu mengeluarkan racun, membantu merangsang fungsi ginjal dan hati agar menjadi lebih baik.

  1. Kubis

Bagi yang memiliki masalah pada ginjal, kubis merupakan sayuran yang tepat karena rendah kalium. Kubis tinggi vitamin K, vitamin C, dan serat. Selain itu, kubis juga merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat. Hal ini membuat sayuran tersebut dapat melindungi kanker, serta meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Bawang putih

Terbukti bahwa bawang putih baik bagi ginjal bahkan bagi penderita batu ginjal sekalipun. Sebab, bawang putih memiliki zat anti-oksidan dan antipembekuan yang mampu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

  1. Bawang merah

Larutan bawang merah mampu mengeluarkan racun dari ginjal. Dengan kata lain, larutan bawang merah seringkali digunakan untuk proses detoksifikasi. Selain itu, bawang memiliki efek diuretik yang membantu mengeluarkan urine dan racun dalam tubuh.

Baca Juga:  Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus

Jadi, jaga kesehatan ginjal Anda mulai dari sekarang karena jika tidak, akan berakibat fatal pada kondisi tubuh. Bahkan, penyakit ginjal bisa menyebabkan kematian.

loading...
loading...