Merawat Jambu Air Madu Deli Itu Mudah

Pertanianku Jambu air madu deli sangat lezat dinikmati saat musim kemarau karena rasanya yang manis dan mengandung banyak air. Pohon jambu ini terbilang sangat mudah untuk tumbuh dan berbuah meskipun ditanam di dalam pot atau tabulampot.

jambu air madu deli
foto: pertanianku

Proses perawatan tanaman jambu air madu deli cukup mudah, sama seperti merawat pohon jambu air jenis lainnya. Anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin tanpa perlu memberikan perlakuan khusus untuk merangsang pohon berbuah. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan saat merawat tanaman jambu air madu deli.

Pengairan

Loading...

Pohon harus rutin disiram agar media tanam tidak mengering. Pengairan sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar pohon memiliki percadangan air selama satu hari penuh. Hal tersebut sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan pohon. Tidak ada patokan khusus terkait banyaknya air yang harus diberikan, pengairan bisa dilakukan hingga media tanam terlihat basah, tetapi jangan sampai tergenang. Hal ini karena media tanam yang tergenang air justru bisa menyebabkan penyakit.

Pemupukan

Pemupukan pohon jambu air madu deli terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dilakukan saat pohon masih dalam kondisi pertumbuhan vegetatif dan bagian kedua dilakukan ketika pohon sudah mengalami pertumbuhan generatif.

Pupuk yang diberikan untuk kedua bagian tersebut berbeda-beda. Anda harus menyesuaikan kebutuhan pupuk sesuai dengan bagian pertumbuhan tanaman. Pupuk bisa dengan mudah Anda dapatkan dari toko pertanian yang tepercaya.

Pemangkasan

Pemangkasan pohon jambu air ini memiliki banyak fungsi, di antaranya menjaga bentuk pohon agar tetap mudah dipelihara, membuat bentuk pohon menjadi lebih menarik, dan merangsang pohon untuk berbuah.

Pemangkasan dilakukan pada dua fase, yaitu fase pertama untuk pemangkasan bentuk dan fase kedua untuk pembuahan. Pemangkasan pada fase pembentukan dilakukan dengan rumus satu ke tiga. Jadi, pangkas satu cabang untuk menghasilkan tiga cabang lainnya. Proses pemangkasan tersebut bisa menghasilkan sosok pohon untuk tabulampot yang sangat cantik.

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Pemangkasan selanjutnya adalah pemangkasan pembuahan. Pemangkasan pembuahan dilakukan dengan membuang cabang yang terlalu rapat seperti pembuangan tunas air. Pemangkasan selanjutnya dilakukan pada cabang yang sakit. Pemangkasan juga dilakukan pada percabangan yang terlalu rapat sehingga menyebabkan pohon tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Pemangkasan juga perlu dilakukan untuk daun di cabang yang sudah tua.

Pengendalian hama dan penyakit

Jambu air ini masih rentan diserang oleh ulat pemakan daun, kutu putih, ulat yang menggantung di daun dan berbentuk kerucut, dan bisul daun. Hama-hama tersebut bisa diatasi dengan penyemprotan insektisida.

Untuk bertanam jambu air madu deli, Anda bisa mendapatkan bibit jambu air madu deli unggul di Toko Trubus. Selain bibit, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun di pekarangan seperti media tanam, pot, pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 

Loading...
Loading...