Merawat Kolam Ikan Koi


Pertanianku – Mempunyai taman di pekarangan rumah dengan paduan kolam, bebatuan, dan tanaman hias adalah dambaan setiap orang. Apalagi kolam yang didalamnya diisi dengan ikan koi berwarna-warni. Rasanya tidak akan bosan tinggal di rumah yang disuguhi pemandangan seperti itu.

Merawat Kolam Ikan Koi

Keindahan warna ikan koi akan terpancar jika kolam tempat hidupnya dibuat serasi dengan keberadaan ikan. Banyak sekali desain kolam ikan koi yang dapat dibuat sangat menarik. Pilihannya bergantung pada selera dan rasa seni yang dimiliki setiap orang.

Pilihan desain dan bentuk kolam dapat disesuaikan dengan kreasi pemilik rumah. Entah itu kolam minimalis atau yang lainya, tetapi kolam tersebut harus memenuhi beberapa hal. Syarat-syarat kolam yang baik untuk ikan koi sebagai berikut.

  1. Air kolam ikan koi harus selalu jernih

Air kolam ikan koi yang jernih akan membuat ikan sehat juga membuat ikan terlihat dengan jelas setiap warna dan tariannya, bagi siapa pun yang memandangnya. Menjaga air kolam agar terjaga kejernihannya dapat dilakukan dengan cara memasang filter pada pipa aliran sirkulasi air sebelum pompa penghisap. Dengan adanya filter air akan selalu terjaga kejernihanya, tidak perlu menguras setiap hari. Kegiatan yang harus dilakukan adalah sering membersihkan filter agar dapat menyaring kotoran secara maksimal.

  1. Sirkulasi air kolam ikan koi berjalan baik

Di alam bebas ikan koi hidup di aliran sungai yang deras. Oleh karena itu, sudah dapat dipastikan apabila sirkulasi air kolam tidak berjalan baik, ikan ini tidak akan sehat. Apalagi jika tidak dibuatkan sirkulasi, lambat laun ikan pasti akan mati.

  1. Kolam ikan koi terkena sinar matahari

Selain pakan, sinar matahari yang cukup sangat baik untuk ketajaman warna ikan. Namun, sinar matahari penuh tidak disarankan karena berakibat pada suhu air meningkat sehingga ikan koi menjadi lemas. Lebih baik dibuat sedikit peneduh yang dapat mengurangi sinar matahari, baik dari pohon peneduh maupun gazebo yang juga dapat menambah keindahan kolam ikan koi.

  1. Warna dasar  kolam ikan koi sebaiknya hitam
Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

Warna dasar kolam biasanya  berwarna hitam dimaksudkan untuk memberikan warna kontras dari warna ikan koi. Dengan background hitam, warna ikan koi akan terlihat jelas dan tajam, tidak samar dengan warna lainnya.

loading...
loading...