Merawat Tabulampot Mangga Alpukat Itu Mudah

Pertanianku Tabulampot mangga alpukat bisa menjadi pilihan untuk memperindah pekarangan agar terlihat lebih asri dan sejuk. Penanaman mangga alpukat di dalam pot harus diiringi dengan proses pemeliharaan yang intensif agar pohon dapat berbuah dengan optimal. Kegiatan pemeliharaan tabulampot mangga alpukat adalah penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan pemangkasan.

tabulampot mangga alpukat
foto: pexel

Penyiraman

Penyiraman tabulampot mangga alpukat sebaiknya dilakukan setiap hari, terutama pada musim kemarau. Penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari. Sementara itu, pada musim hujan, penyiraman dilakukan saat media tanam sudah terlihat mengering.

Loading...

Penyiangan gulma

Tabulampot memiliki sumber nutrisi yang sangat terbatas. Adanya gulma yang tumbuh dapat menyebabkan nutrisi yang terbatas menjadi semakin terbatas. Anda perlu menyiangi gulma di tabulampot secara rutin dua minggu sekali. Penyiangan gulma juga bisa dilakukan saat penggemburan dan pemupukan untuk mengefisiensikan waktu kerja.

Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput liar atau gulma yang tumbuh di dalam pot hingga ke akarnya. Rumput atau gulma yang sudah dicabut segera dimusnahkan atau dibuang ke tempat lain agar tidak tumbuh lagi di dalam pot.

Pemupukan

Pemupukan mangga alpukat terbagi menjadi dua bagian, di antaranya fase vegetatif dan generatif. Pupuk yang diberikan harus sesuai dengan fase agar pertumbuhan bisa lebih optimal. Dalam buku Bertanam Mangga Alpukat terbitan Penebar Swadaya membahas seluruh proses penanaman mangga alpukat di lahan dan dalam pot. Termasuk proses pemupukan yang sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman. Anda bisa mendapatkan buku tersebut dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan membuang bagian tanaman yang tidak bermanfaat seperti cabang tidak produktif, sakit, atau bahkan mati dan kering. Pemangkasan juga berfungsi sebagai perangsang tanaman untuk cepat berbuah. Selain itu, pemangkasan bisa meminimalkan tingkat kelembapan karena tajuk yang terlalu lebat.

Baca Juga:  Pupuk yang Wajib Diberikan untuk Tabulampot

Penggantian media tanam

Mangga alpukat yang ditanam di dalam pot harus rajin diganti media tanamnya sekitar 1—2 tahun sekali atau pada saat akar tanaman sudah terlihat memenuhi pot. Tujuannya adalah untuk membuat tanaman tumbuh dengan normal.

Penjarangan buah

Penjarangan buah dilakukan pada buah pertama yang baru tumbuh. Hal tersebut dilakukan agar pertumbuhan buah menjadi lebih maksimal.

Untuk bertanam mangga alpukat, Anda bisa mendapatkan bibit mangga alpukat unggul di Toko Trubus. Pada Agustus ini ada diskon 20% untuk pembelian mangga alpukat di Toko Trubus. Selain bibit, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun di pekarangan seperti media tanam, pot, pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Loading...
Loading...