Meriahnya Kontes Durian Rancamaya di Bogor

0

PertaniankuKontes durian Rancamaya diselenggarakan sejak 1-22 januari 2016 di STA Agribisnis Rancamaya. Puncak kegiatan kontes ditutup dengan lomba makan durian di Botani Square pada 31 Januari 2016. Kegiatan ini mampu menarik minat pengunjung yang datang memadati acara tersebut.

Meriahnya Kontes Durian Rancamaya

Acara puncak kontesnya dibuka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.Tidak hanya ada lomba makan durian, ada pula kegiatan lain seperti penjualan bibit dan buah durian serta aneka produk olahan durian. Setidaknya ada lebih dari 10 stand yang menjajakan aneka buah, bibit dan produk olahan durian. Harga jualnya bervariasi, mulai dari Rp10.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Kegiatan kontes tersebut mendatangkan durian dari wilayah sekitar Rancamaya seperti Cigombong, Cijeruk dan Ciawi. Tercatat ada sekitar 34 peserta ambil bagian dalam acara ini. “Setiap peserta wajib membawa tiga buah durian dari satu pohon (satu varietas) kepada panitia, buah durian yang disertakan dalam kontes berasal dari pohon yang diketahui tempat tumbuhnya dan jelas pohonnya,”  jelas Ketua Panitia Kontes dan Festival Durian Rancamaya Ardi Darmali

Adapun kriteria yang dinilai dari buah durian perserta kontes meliputi rasa daging buah (manis, gurih, pahit), ketebalan daging buah, warna daging buah, tekstur, kadar air, ukuran biji, kesempurnaan juring buah, bentuk buah, ketipisan kulit, warna kulit, dan daya simpan buah.

Acara ini juga dihadiri oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Wakil Wali Kota, Usmar Hariman, Bupati Bogor, Nurhayanti, Komandan Korem 061/Surkaykancana, Kolonel Inf Fulad dan Dandim 0606/Kota Bogor M Albar.

loading...
loading...