Meski Tak Populer, Bit Punya Segudang Manfaat Menyehatkan


Pertanianku — Bit bukanlah salah satu anggota buah-buahan, melainkan sayuran umbi-umbian yang berwarna merah gelap. Meski tidak sepopuler kentang dan wortel, bit punya segudang manfaat untuk dikonsumsi dan baik digunakan sebagai obat karena dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

bit punya segudang manfaat
Foto: Google Image

Ada dua varietas bit (Beta vulgaris L.) yang dikenal, yakni bit merah dan bit putih. Bit merah, umbinya berwarna merah tua. Sementara itu, bit putih atau bit potong umbinya berwarna merah keputih-putihan. Di Indonesia, kedua jenis bit tersebut tidak dapat berbunga dan berbiji sehingga benihnya masih didatangkan dari luar negeri.

Bit merupakan sumber vitamin C. Selain itu, bit juga banyak mengandung vitamin B dan sedikit vitamin A sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, bit dianjurkan untuk dimakan dalam jumlah banyak bagi penderita darah rendah.

Kegunaan lain dari bit, terutama umbinya, yaitu dapat dijadikan campuran salad atau direbus sebagai lalap. Umbi yang satu ini juga berguna sebagai pembersih alami ginjal dan kantung empedu.

Bit juga dapat membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh, memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh, mengatasi anemia, serta menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker.

Baca Juga:  Cara Menanam Kentang Menggunakan Mulsa