Meski Terlihat Mudah, Merawat Kaktus Tidak Boleh Sembarangan

Pertanianku — Saat ini tanaman kaktus sedang digemari oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman hias yang mudah dirawat, tidak memiliki percabangan yang banyak, dan pastinya mampu menambahkan ‘warna’ pada rumah. Meskipun terkenal mudah dipelihara, merawat kaktus juga memerlukan teknik khusus agar bentuknya tetap indah meski dipelihara di dalam ruangan. Simak berikut ini ulasan mengenai cara merawat tanaman kaktus yang benar.

merawat kaktus
foto: Pixabay

Media tanam

Komposisi media tanam yang bagus untuk kaktus adalah tanah berpasir, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Penyiraman

Tanaman kaktus terkenal tidak terlalu membutuhkan air karena habitat alami kaktus adalah daerah yang kering. Namun, bukan berarti tanaman kaktus tidak perlu disiram. Kaktus harus disiram setiap seminggu sekali atau disesuaikan dengan tingkat kekeringan media tanam. Jika tanaman sudah mulai terlihat layu, Anda bisa langsung memberikan penyiraman secukupnya saja.

Penggantian pot tanaman

Kaktus terkenal dengan pertumbuhan yang lambat sehingga Anda tidak perlu terlalu sering melakukan pergantian pot. Pot tanaman kaktus cukup diganti setiap satu tahun sekali untuk menyesuaikan dengan ukuran kaktus. Usahakan pilih pot yang cocok dengan sosok kaktus agar penampilan tanaman hias ini semakin indah dan berwarna.

Untuk tanaman kaktus berbentuk bulat, gunakan pot berdiameter 5—10 cm. Sementara itu, tanaman kaktus yang tumbuh menjulang tinggi, lebih bagus ditanam di pot berukuran tinggi, tingginya hampir setengah dari tinggi kaktus tersebut.

Tempat peletakan

Sebenarnya, tanaman kaktus lebih ideal ditempatkan di luar ruangan agar tanaman mendapatkan sinar matahari secara utuh. Namun, Anda tetap bisa memelihara tanaman kaktus di dalam ruangan. Pilihlah bagian ruangan yang terkena sinar matahari agar pertumbuhan kaktus tidak mengalami hambatan dan lakukan penjemuran setiap hari.

Baca Juga:  Peran Milenial dalam Pertanian Modern dengan Smart Farming

Ada beberapa jenis kaktus yang lebih menyukai tempat gelap. Kaktus ini sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Namun, kaktus tersebut juga perlu dijemur sesekali di tempat yang terang.

Pemangkasan

Tanaman kaktus perlu dipangkas karena kaktus tumbuh secara vertikal. Pemangkasan bertujuan melindungi tanaman dari serangan hama seperti keong tanah, tungau, dan cendawan. Pemangkasan juga berfungsi untuk menjaga bentuk kaktus agar tetap indah