Metode Mudah! Cara Menanam Pakcoy di Botol

Pertanianku — Di Indonesia, pakcoy merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap digunakan dalam olahan beragam masakan menu nusantara. Anda bisa memperbanyak sayuran ini dengan beragam cara mudah. Salah satunya, yaitu dengan menanam pakcoy di botol.

menanam pakcoy
Foto: Google Image
  1. Persiapan botol wadah tanam

Anda hanya perlu mengumpulkan banyak botol plastik bekas dan membersihkannya. Gunakan plastik yang bebas dari BPA dan bahan kimia berbahaya lainnya. Carilah kemasan plastik yang diberi label 1, 2, 4, atau 5. Untuk sebagian besar, banyak pot dan wadah berkebun plastik Anda akan menjadi label 5.

Gunakan pisau tajam untuk memotong dasar botol sekitar 3 cm di atas bagian bawah, lalu cuci botolnya sampai bersih. Tutupi bagian tepi botol dengan selotip, lalu tumbuk 4 lubang di sekitarnya secara berkala untuk benang. Potong panjang benang yang sama dan ikat dengan aman melalui lubang-lubang ini. Saat Anda menjalin ujungnya, botol harus menggantung lurus ke bawah dan tidak membelok pada satu sudut atau lainnya.

Potong-potong aluminium foil pendek, gulung ke dalam tabung, dan gariskan botol dengan itu. Ini akan menambahkan lapisan isolasi yang berfungsi ganda, yaitu akan menjaga sinar matahari mengeringkan tanah dan menarik panas dari sinar matahari untuk menjaga akar tanaman menjadi hangat.

  1. Proses pembibitan pakcoy

Pembibitan pakcoy ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan biji dan pertumbuhan ulang. Ketika Anda memilih menumbuhkan pakcoy ini menggunakan biji, hal penting yang harus diperhatikan adalah pilihlah biji unggulan.

Jika menggunakan sistem tanaman ulang, Anda hanya perlu memotng bagian sebelum ujung akar tanaman. Tunggu hingga muncul tunas baru dan kemudian tanam ke media wadah botol plastik yang telah disiapkan.

  1. 3. Perawatan dan pengendalian hama serta penyakit
Baca Juga:  Kupas Tuntas Krai, si Pare Belut

Pakcoy dapat diserang oleh kutu dan cacing kubis. Kutu daun dapat dibuang atau disemprot.  Pakcoy juga rentan terhadap virus kuning, clubroot, dan busuk hitam. Hindari penanganan tanaman saat basah.

Untuk menanam pakcoy, menjaga tanah tetap lembap adalah kebutuhan dasar. Tanaman berdaun ini membutuhkan kelembapan dan irigasi yang teratur. Untuk itu, harus dilakukan penyiraman secara rutin.

Loading...