Metode Mudah Perbanyakan Tanaman Lada


Pertanianku — Bagaimana sistem dan metode perbanyakan tanaman lada yang baik serta benar? Lada merupakan jenis tanaman yang tumbuh dan berkembang dengan merambat atau memanjat. Untuk memperbanyak tanaman lada, dapat dilakukan dengan dua cara, vegetatif dengan stek batang dan generatif dengan biji.

perbanyakan tanaman lada
Foto: Google Image

Kedua metode perbanyakan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti pada metode vegetatif yang dapat dilakukan dengan sangat mudah, murah, produksinya sangat cepat, hingga memiliki sifat yang mirip dengan indukannya. Sementara, perbanyakan tanaman lada menggunakan metode generatif lebih lama masa produksinya dan sifat yang diturunkan tidak sama atau berubah karena adanya penyerbukan silang.

Media tanam pun memiliki beberapa syarat seperti permukaan harus relatif datar, dekat dengan kebun produksi, dekat dengan sumber air, terjangkau oleh alat angkut atau transportasi, memiliki kesuburan yang baik, kaya akan mikroorganisme, hingga terbebas dari hama dan penyakit.

Persiapan yang dibutuhkan

  1. Media tanam dan lahan

Siapkan media tanam berupa campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Selanjutnya, siapkan polibag dan isikan dengan media tanam yang dibuat tadi serta biarkan selama 2 minggu hingga tumbuh rumput-rumput halus di permukaannya.

  1. Bahan setek

Untuk mendapatkan bahan setek yang baik, kita dapat mengambilnya dari bagian tanaman lada yang sehat dan terbebas dari hama serta penyakit, yaitu pada bagian sulur panjat yang sudah berumur agak tua tetapi sudah berbatang kayu. Selanjutnya, potong memanjang dengan setek satu buku berdaun tunggal dan rendam dengan larutan gula dengan perbandingan 10—20 gram per 1 liter air.

  1. Proses persemaian

Tanam setek satu buku pada polibag, kemudian lakukan penyiraman. Selama pertumbuhan, benih lada memerlukan suhu yang lembap dan harus ditutup dengan plastik selama satu bulan. Setelah satu bulan, buka plastik selama satu jam dan tutup kembali hingga satu minggu.

Baca Juga:  Teknik Bertanam Cabai Besar di Musim Hujan

Benih lada yang sudah memiliki 1—2 ruas atau memiliki 2—3 daun, tancapkan lidi atau bambu panjang di samping bibit untuk media merambat dan merangsang pertumbuhan akar lekat.

Lakukan pemeliharaan bibit dengan cara penyiraman, pembersihan, dan pemupukan minimal seminggu sekali selama 4— 6 bulan. Setelah 5—6 bulan penanaman dan memiliki 6—7 ruas, menandakan bibit dapat dipindahkan media tanam yang lebih lapang.