Metode Paling Tepat Pembibitan Bawang Putih

Pertanianku Pembibitan bawang putih memerlukan metode yang tepat agar produksi yang dihasilkan pun maksimal. Lantas, bagaimana langkah-langkah pembibitan bawang putih yang tepat?

Pembibitan bawang putih
Foto: Shutterstock

Bawang putih biasanya diperbanyak melalui bagian umbi/siungnya. Secara penanaman, umbi bawang putih sama seperti pada tanaman bawang merah. Tanah perlu diolah terlebih dahulu supaya gembur, lalu tambahkan pupuk organik sesuai dosis. Setelah semuanya tercampur rata, Anda bisa membuat bedengan yang memiliki lebar sekitar 60 cm.

Sayangnya, harga bibit bawang putih terhitung sangat mahal. Apalagi, jika Anda membelinya di tingkat pengecer. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena Anda pun dapat membuatnya sendiri dengan teknik kultur jaringan. Bagaimana proses pembibitan bawang putih ini? Simak penjelasan berikut.

Siapkan umbi bawang putih yang berkualitas bagus. Syarat-syarat benih bawang putih yang baik antara lain kondisinya sehat, bebas hama dan penyakit, berasal dari indukan yang jelas, siung bernas/berisi tunas, berat sekitar 1,5—3 gram/siung, serta pangkal batangnya berisi penuh dan keras.

Letakkan umbi bawang putih secara terhampar di para-para atau digantung di atas area pengasapan. Lalu, simpan kurang lebih selama 3 bulan. Walaupun lebih praktis, cara pengeringan ini dapat merusak benih dan membuat penampilannya kurang menarik karena umbi akan berwarna kecokelat-cokelatan.

Sebagai alternatif metode penyimpanan umbi bawang putih yang lebih baik, Anda bisa menaruhnya di ruangan yang memiliki sirkulasi yang lancar atau ruangan yang kondisinya dingin tetapi kering. Hasil yang didapatkan dari metode ini lebih baik daripada teknik sebelumnya, namun waktu yang diperlukan lebih lama.

Umbi bawang putih yang telah kering selanjutnya dipisahkan menurut siungnya. Langkah berikutnya ialah kupaslah kulit luar yang membungkus siung bawang putih tersebut.

Baca Juga:  Berkat Inovasi Teknologi, Produksi Benih Kentang dan Krisan Meningkat

Siung bawang putih yang sudah dibersihkan, kemudian dipotong cukup pada bagian pucuk/atasnya sedikit saja. Jika terlihat adanya titik berwarna kehijau-hijauan pada penampang potongan tersebut, ini tandanya benih bawang putih siap untuk ditanam di persemaian.

Tahukah Anda, kultur jaringan adalah metode perkembangbiakkan tanaman secara generatif yang dilakukan dengan cara mengisolasi bagian tanaman tertentu untuk memicu terjadinya pertumbuhan secara aseptik. Bagian-bagian yang telah tumbuh ini bisa berkembang menjadi tanaman yang lengkap. Keunggulan dari metode ini adalah prosesnya lebih cepat dan kapasitasnya pun lebih besar.

Loading...