Mi Sorgum, Mi Sehat Pendukung Program Diversifikasi Pangan

Pertanianku — Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menghasilkan teknologi inovasi pangan dari komoditas sorgum dalam bentuk mi, yakni proses pembuatan mi sorgum. Mi sorgum hasil inovasi Balitbangtan tersebut telah dipatenkan dengan nomor paten IDS000002910 B.

mi sorgum
foto: Pixabay

Saat ini sorgum merupakan salah satu komoditas potensial yang bisa dikembangkan untuk mendukung program diversifikasi pangan dan energi di Indonesia. Di dalam komoditas ini terdapat berbagai zat antioksidan, mineral, protein, dan serat penting.

Mi menjadi salah satu produk yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari berbagai variasi mi instan yang bertebaran di pasar. Selain itu, sudah banyak restoran fast food yang menyajikan beragam menu dari mi.

Mi sorgum diharapkan dapat menjadi produk diversifikasi menyehatkan yang disenangi oleh masyarakat. Pasalnya, peluang mi instan yang sehat masih terbuka lebar. Apalagi, jika mi sehat tersebut sudah sesuai dengan karakteristik selera masyarakat Indonesia.

Melansir dari laman litbang.pertanian.go.id, mi sorgum merupakan mi yang terbuat dari sorgum dan diformulasikan dengan pati kasava, air, dan garam. Produk mi ini tidak menggunakan tambahan tepung sehingga bebas gluten.

Tepung sorgum yang digunakan dalam produk ini masih bersifat alami sehingga lebih mudah dalam penyediaan bahan bakunya, begitu pun dengan pati kasava yang tergolong mudah dijumpai. Pati kasava berperan sebagai komponen pengikat sehingga mi tidak mudah patah atau hancur ketika mengalami proses pemasakan.

Produk diversifikasi pangan ini bisa bertahan lama karena dijual dalam bentuk kering. Cara pengolahannya juga cukup mudah. Masyarakat bisa mengolahnya menjadi mi ayam atau mi goreng seperti mi instan umumnya.

Mi sorgum mengandung antosianin yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, mi instan yang menyehatkan ini juga mengandung banyak serat pangan yang baik bagi tubuh.

Baca Juga:  4th Organic Asia Congress : Prospek dan Potensi Pertanian Organik Untuk Bumi Yang Lebih Sehat

Kini, teknologi tersebut sudah siap untuk dikerjasamakan dengan mitra swasta. Mi sorgum siap untuk dikembangkan dalam skala industri.