Mimba

Mimba

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Azadirachta indica Juss.
  2. Nama daerah : imbha, mimba (Jawa); membha, mempheuh (Madura).
  3. Nama asing : –

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Loading...

Mimba mempunyai rasa pahit (kecuali daging buah manis) dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam mimba, di antaranya azadirachtin, minyak gliserida, acetiloksifuranil-dekahidrotetrametil acid, ksosiklopentanatoffiiran, asetat-keton, dan heksahidro-hidroksitetrametilfenantenon (nimbol). Efek farmakologis mimba, di antaranya antidiabetes, antidiare, antipiuretik, antibilous, serta merangsang dan mengaktifkan kelenjar-kelenjar.

C. Bagian Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji, akar, dan daun mimba dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Kencing manis, disentri, diare, malaria, dan masuk angin

Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

  1. Hepatitis dan gagal lever

Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1½ gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari.

  1. Kanker hati

Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1½ gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari.

  1. Sindap dan ketombe

Cuci bersih daun mimba secukupnya, lalu rebus dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk keramas.

  1. Jerawat (acne vulgaris)

Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum tiga kali sehari pada pagi, siang, dan. sore hari masing-masing i gelas.

  1. Eksim dan gudig

Cuci bersih daun mimba secukupnya, lalu rebus dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk mencuci eksim atau gudig tiga kali sehari.

Baca Juga:  Jenis-jenis Sayuran Cucurbitaceae

Catatan: wanita hamil dilarang minum ramuan ini.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

 

Loading...
Loading...