Miris! Badak Bercula Satu Kian Sulit Ditemukan

Pertanianku – Spesies badak bercula satu atau biasa disebut badak jawa, kini semakin sulit ditemukan, bahkan di alam bebas sekalipun. Badak ini pernah menjadi salah satu badak Asia yang paling banyak tersebar di beberapa negara Asia Tenggara dan juga Tiongkok.

Miris! Badak Bercula Satu Kian Sulit Ditemukan

Di Indonesia, habitat hewan mamalia tersebut berada di Taman Nasional Ujung Kulon. Populasi badak yang hidup di Taman ini hanya sekitar 40–50 saja. Pihak pengelola, juga telah mengkonfirmasi bahwa spesies ini memang nyaris punah.

Loading...

Hal inilah yang menyebabkan wisatawan kesulitan menjumpai hewan tersebut saat mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon.

Hal serupa diakui Pak Ancu, salah satu kapten kapal di taman itu. “Sudah beberapa tahun belakangan saya kesulitan untuk melihat hewan itu. Kalau jejak kakinya sih masih mudah untuk ditemui,” kataAncu sebagaimana dilansir Okezone, di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat, (1/8).

Ancu menambahkan, bagi wisatawan yang betul-betul ingin melihat badak jawa secara langsung, satu-satu caranya adalah dengan melakukan trekking minimal dua hari dua malam.

“Biasanya yang niat melihat badak ini, para backpacker yang rela berkemah hingga hampir masuk ke kedalaman hutan,” tutur Ancu.

 

Baca Juga:  Langkah Mudah Memilih Telur Tetas yang Baik
Loading...
Loading...