Miris, Hiu Putih Mati Setelah 3 Hari Berada di Akuarium

Pertanianku – Seekor hiu putih raksasa ditemukan mati setelah tiga hari berada di sebuah akuarium di Jepang. Sampai saat ini, penyebab kematian hiu tersebut masih diselidiki oleh pihak Okinawa Churaumi Aquarium.

Miris, Hiu Putih Mati Setelah 3 Hari Berada di Akuarium

Hiu putih sepanjang 3,5 meter tersebut itu secara kebetulan terperangkap jaring di perairan barat daya Jepang. Hiu putih malang itu kemudian ditempatkan di akuarium yang oleh banyak pihak disebut bukan tempat yang layak untuk si hiu. Seperti diketahui bersama, hiu merupakan spesies ikan yang agresif yang terus menerus bergerak untuk mendapatkan oksigen dan mempertahankan suhu tubuh.

Loading...

Jason Baker, wakil presiden People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) Asia, mengkritisi cara penyelamatan hiu ini yang disebutnya dengan ‘kejam dan salah’.

“Penyebab kematiannya jelas. Hiu tidak pernah mati seperti ini,” ungkap Baker seperti dikutip National Geographic Indonesia.

Sementara itu, peneliti akuarium, Keiichi Sato, mengatakan bahwa akuarium itu sesuai dengan standar hukum Jepang dan internasional. Sato percaya bahwa upaya penyelamatan itu berkontribusi terhadap pendidikan dan ilmu pengetahuan.

“Banyak pengunjung yang meminta kami untuk menghadirkan pertunjukan hiu putih besar,” ujar Sato dalam sebuah wawancara telepon dengan Mashable dari Okinawa.

Namun, pihak akuarium telah mengumumkan kesuksesan besar pertunjukan yang melibatkan hiu itu minggu ini. Tapi setelah kematian yang tidak terduga itu pada hiu malang tersebut, pihak akuarium segera menghentikan pertunjukan itu.

Hiu putih yang ditangkap itu berjenis kelamin jantan, sedang berenang bersama hiu-hiu lainnya.

Tapi tiba-tiba, hiu itu melemah dan jatuh ke perangkap. Beberapa upaya pemberian oksigen dalam perangkap itu gagal dan hiu putih itu menolak untuk makan sejak pertama kali ditangkap.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare
Loading...
Loading...