Misteri Ikan Dewa dan Fakta Uniknya


Pertanianku — Pernahkan Anda mendengar tentang ikan dewa? Ikan dewa yang terdapat di Kuningan, Jawa Barat ini konon merupakan jelmaan prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

ikan dewa
Foto: Google Image

Nah, menurut legenda, para prajurit yang membangkang itu akhirnya dikutuk menjadi ikan. Penasaran dengan ikan ini? Jika ya, mari cari tahu lebih banyak tentang ikan dewa. Berikut ini ulasannya.

  1. Kepala mirip ikan mas tapi badan seperti arwana

Ikan dewa memiliki ukuran badan yang cukup besar. Panjang tubuhnya sekitar 60 sentimeter, memiliki sisik besar, dan kepalanya mirip dengan ikan mas. Namun, postur dan panjang ikan ini mirip ikan dengan ikan arwana.

  1. Kolam yang selalu bersih dan tidak amis

Selain menyimpan misteri tentang legenda pemerintahan Prabu Siliwangi, ikan ini juga memiliki keunikan, lho. Ternyata, selain jinak pada manusia, ikan ini tidak berbau amis dan kolam tempat ikan dewa tinggal juga selalu bersih. Uniknya lagi, ikan yang satu ini menyukai buah apel merah. Ikan dewa juga menyukai brondong jagung layaknya manusia.

  1. Ikut hilang jika air hilang

Ada hal aneh dan masih menjadi misteri tentang ikan dewa. Ketika air di dalam kolam hilang, maka ikan dewa juga akan menghilang entah ke mana. Namun, ketika kolam sudah terisi air, ikan-ikan tersebut akan muncul kembali. Benar-benar misteri ‘kan?

  1. Dilarang membunuh dan memakan ikan dewa

Dengan segala misteri dan keunikan yang dimiiki ikan dewa, ternyata ikan ini terancam punah karena kerusakan hutan dan penangkapan secara berlebihan. Habitat ikan dewa adalah daerah hulu sungai yang memiliki aliran air yang cukup deras, jernih, memiliki oksigen yang tinggi, suhu air dingin, dan dasar perairan berbatu.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk POC dari Kaldu Ikan

Karena ikan dewa termasuk ikan langka, maka hewan ini dikeramatkan di beberapa daerah seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Masyarakat setempat menganggap ikan ini adalah ikan suci. Hukum adat setempat melarang orang untuk membunuh dan memakan ikan ini.

Meski begitu, kita diperbolehkan untuk berenang bersama ikan dewa dan memegangnya. Ikan-ikan dewa ini bisa kita temui di Pemandian Cibulan, Desa Manis Kidul, Kuningan, Jawa Barat.