Mitos Abu Jerami untuk Menyuburkan Tanah

Pertanianku — Masih ada beberapa petani yang menganggap abu jerami dari pembakaran jerami bisa digunakan untuk menyuburkan tanah dan membuat tanaman lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Padahal, tindakan tersebut merupakan hal yang keliru karena bisa memberikan dampak negatif terhadap tanah pertanian.

abu jerami
foto: Pixabay

Alih-alih meningkatkan kesuburan, abu jerami malah akan membuat unsur hara di dalam tanah menjadi berkurang. Padahal, unsur hara merupakan kebutuhan yang harus ada ketika Anda mulai menanam tanaman.

Jerami mengandung unsur hara yang cukup besar, mulai dari kandungan N, P2O5, K2O, dan Si. Unsur hara pada jerami sangat baik digunakan untuk memperbaiki kondisi unsur hara di lahan yang akan digunakan. Daripada dibakar, jerami lebih bagus dikomposkan ke dalam tanah. Jerami tersebut bisa memperbaiki sifat-sifat tanah, baik secara fisika, kimia maupun biologi.

Kompos jerami dapat memperbaiki porositas tanah sehingga drainase di dalam tanah berjalan lebih lancar. Sementara itu, jerami yang ditambahkan pada tanah berpasir dapat membantu media menahan air menjadi lebih baik sehingga perakaran tidak mudah mengalami kekeringan dan mencegah terjadinya pencucian unsur hara.

Pembakaran jerami justru dapat membuat tanaman menjadi lebih mudah terserang hama dan penyakit. Hal ini karena petak sawah mengalami kekurangan unsur hara K. Akibatnya, penyakit jadi lebih rentan terkena penyakit dan hama.

Akan tetapi, jika bahan organik seperti kompos jerami ditambahkan ke petak sawah, kandungan unsur hara di dalam bisa meningkat. Dengan begitu, tanaman bisa lebih kuat dalam menghadapi serangan hama dan penyakit.

Selain merugikan tanaman dan tanah, pembakaran jerami juga bisa membuat lapisan ozon bumi menipis. Saat ini lapisan ozon bumi sudah mulai menipis akibat banyaknya polusi yang berasal dari industri, kendaraan bermotor, dan pembakaran hutan. Lapisan ozon yang tipis dapat membuat pemanasan global sehingga sangat berbahaya bagi bumi. Oleh karena itu, mulai saat ini hentikan pembakaran jerami untuk mendapatkan abu jerami.

Baca Juga:  Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Stok Panen Lemon yang Mulai Menumpuk di Gudang

 

 


loading...