Mitos atau Fakta: Konsumsi Tomat yang Dimasak Lebih Sehat

0

Pertanianku – Tomat merupakan salah satu sayuran yang memiliki beragam nutrisi yang baik dan juga mengandung anti-oksidan cukup tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Setiap orang yang mengonsumsi tomat pasti memiliki caranya tersendiri bukan? Beberapa orang memilih mengonsumsi tomat dalam kedaan segar. Beberapa lagi memilih menjadikannya jus sehat, dan beberapa lainnya memilih mengonsumsi tomat dengan cara dimasak.

Namun, tahukah Anda bahwa para ahli kesehatan ternyata justru menyarankan makan tomak yang telah dimasak terlebih dahulu dibanding dalam keadaan mentah. Mengapa demikian? Hal ini karena jika Anda mengonsumsi tomat yang telah dimasak, nutrisi yang dihasilkan akan seimbang.

“Makan tomat yang sudah dimasak anti-oksidannya keluar. Begitu juga dengan kandungan lycopene yang melimpah,” kata Spesialis Jantung dr. Antono Sutandar, SpJP(K) seperti mengutip Okezone belum lama ini.

Selain itu, mengonsumsi tomat juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi di dalam tomat dapat mencegah terjadinya penyumbatan airan darah. Mengonsumsi tomat secara rutin sebanyak dua buah per hari sangat direkomendasikan. Selain baik untuk jantung, makan tomat juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C yang tinggi. Manfaatnya, tentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

“Tomat itu buah yang menyehatkan. Tapi penelitian menyebutkan, makan tomat masak lebih sehat dari tomat mentah,” tutup dr. Antono.

loading...
loading...