Mitos atau Fakta, Pohon akan Menangis Ketika Haus


Pertanianku – Pohon merupakan salah satu hal yang penting di dalam kehidupan manusia. Sebab, dari pohon kita bisa menghirup oksigen yang dihasilkannya. Penghijauan juga bisa menekan polutan di udara yang membahayakan bagi manusia.

Foto: unsplash

Meskipun tumbuhan juga makhluk hidup, apakah Anda tahu bahwa pohon ternyata juga memiliki perasaan seperti manusia? Yang mengagetkan lagi, pohon ternyata akan menangis dan menjerit jika kehausan. Benarkah demikian?

Seorang ilmuwan bernama Philippe Marmottant dari Prancis telah berhasil membuktikan hal itu dengan merekam jeritan pohon yang kehausan.

Philippe merekam suara ultrasonik dari pohon yang meminta air dan ini tercatat sebagai rekaman pertama di dunia. Suara tersebut sebenarnya seratus kali lebih cepat daripada yang dapat didengar oleh telinga manusia, tapi tim peneliti mampu membuatnya menjadi lebih lambat. Setelah diperlambat di laboratorium, akhirnya suara ultrasonik itu bisa didengar oleh manusia.

Ilmuwan fisika dari Universitas Grenoble itu menggunakan irisan kayu pohon pinus mati yang dibasahi hidrogel. Potongan kayu itu dikondisikan seperti saat masih hidup untuk kemudian dipapar udara agar kering. Saat proses pengeringan berlangsung, ilmuwan mendengar kayu itu mengeluarkan suara meletup-letup.

Lantas, darimana asal suara itu muncul?

Pohon mengambil air dari tanah melalui sistem akar mereka. Upaya untuk menarik air dari tanah menciptakan gelembung udara. Suara tersebut dihasilkan oleh gelembung udara yang naik kemudian menghilang di antara pori-pori yang terbuka. Proses ini disebut dengan kavitasi.

Menurut Philippe, kehilangan kelembapan membuat pohon menghisap air tanah melalui akar yang kemudian menimbulkan suara.

“Kita bisa melacak artikulasi gelembung. Apa yang kita temukan dan suara yang kita dengar sebagian besar ada hubungan dengan gelembung. Kami berharap bahwa penelitian ini akan membawa beberapa informasi baru tentang suara yang bisa didengar dari pohon,” ujar Philippe.

Baca Juga:  Ikan Mas Ubah Air Jadi Alkohol Saat Musim Dingin, Benarkah?

Untuk itu, ia bekerja sama dengan ahli biologi dan tengah berusaha membuat sensor khusus yang nantinya akan digunakan untuk mendengarkan suara tanaman lebih jelas. Penelitian ini diharapkan bisa membuat manusia mendengar tangisan pohon-pohon jika tak dipelihara dan disiram secara rutin.

loading...
loading...