Modal 1,5 Juta, Kini Pria ini Raup Omzet Ratusan Juta dari Budidaya Ikan Lele

Pertanianku – Menjalankan usaha budiaya ikan lele memang sangat berpotensi tinggi untuk dikembangkan. Seperti halnya, salah satu pembudidaya ikan lele asal Jakarta bernama Fauzan Hangriawan yang tertarik terjun menjalankan usaha budiaya ikan lele. Dengan usahanya tersebut, kini ia mampu meraup ratusan juta rupiah dalam sebulan. Angka yang sangat fantastis bukan?!

Pria yang akrab disapa Fauzan ini mengungkapkan, kunci sukses dalam menjadi pengusaha adalah tak kenal menyerah. Untuk terjun di dalamnya harus dimulai alias berani mencoba dan tidak takut gagal. Jenis lele yang sekarang ia budidayakan adalah lele sangkuriang.

Fauzan memulai usahanya hanya bermodalkan uang sekitar Rp1,5 juta. Modal yang sangat minim memang. Dengan jumlah uang tersebut, Fauzan membeli 1.000 ekor bibit lele jumbo, pakan lele dan terpal untuk pembuatan kolam di belakang rumahnya. Karena tidak mengetahui banyak cara memelihara lele, lebih dari separuh ternak Fauzan mati. Namun demikian, hal tersebut tak membuat semangat Fauzan surut dan putus asa.

Usaha budidaya ikan lele ia lanjutkan hingga 3 bulan kemudian Fauzan menikmati panen pertama sebanyak 40 kg lele. Karena hasil yang menggiurkan, Fauzan melanjutkan usahanya menjadi memelihara lele jenis sangkuriang. Hal tersebut karena lele sangkuriang adalah varietas unggul. Lele sangkuriang memiliki masa panen pendek, yaitu cukup hanya 2 bulan masa pembesaran. Daya tahan terhadap penyakit lebih baik serta tahan terhadap perubahan cuaca daripada jenis lele dumbo.

Dalam mengerjakan pembesaran lele sangkuriang, Fauzan tidak mengerjakan sendiri. Kini dia memiliki delapan karyawan serta bermitra dengan 30 petani binaan Jakarta dan Bogor melalui sistem kolam plasma. Fauzan mendampingi mitra sehingga panen bisa maksimal.

Kini usaha peternakannya dalam satu bulan mampu memproduksi 600.000 ekor bibit lele dengan harga per bibit untuk ukuran 5—6 cm dibanderol senilai Rp160. Sementara itu, bibit lele dengan ukuran 7—8 cm dijual dengan harga Rp200.

Selain menghasilkan bibit lele, kini usaha Fauzan juga mampu memprooduksi 3—4 kuintal lele ukuran konsumsi seharga Rp17.000 per kilogram. Setidaknya, usaha budidaya lele yang dilakukan Fauzan ini mampu meraih omzet Rp200 juta per bulan. Pelanggannya pun sudah tersebar hingga Bangladesh dan Malaysia.

loading...
loading...