Model-model Kandang Itik yang Bisa Digunakan

Pertanianku — Ada lima model kandang itik yang bisa dipilih oleh peternak, di antaranya kandang terbuka, kandang tertutup, kandang panggung, kandang baterai, serta kandang kombinasi tertutup dan terbuka. Tiap model kandang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, simak ulasannya di bawah ini.

model kandang itik
foto: pixabay

Kandang terbuka

Kandang terbuka lebih mudah dibuat karena tidak perlu membuat dinding kandang, peternak cukup menggunakan sekat sebagai pembatas. Hal tersebut menyebabkan modal pembuatan kandang menjadi lebih murah. Udara segar lebih mudah masuk ke kandang.

Namun, kekurangan kandang terbuka sangat mudah membuat itik di dalam stres karena aktivitas di luar kandang. Itik yang stres dapat menyebabkan produksi telur itik menurun. Kandang terbuka juga tidak mampu menghalau kondisi cuaca yang buruk.

Kandang tertutup

Kandang tertutup lebih ampuh melindungi itik dari kondisi cuaca yang kurang baik atau dari gangguan yang dapat membuat itik stres. Akibatnya, itik bisa memproduksi telur lebih optimal dan kualitas telur yang dihasilkan jauh lebih baik. Sayangnya, kandang tertutup membuat sirkulasi udara menjadi lebih terbatas dan proses pembersihan kotoran menjadi lebih rumit.

Kandang panggung

Kondisi kebersihan kandang panggung lebih mudah dikontrol karena kotoran tidak langsung bersentuhan dengan itik. Pemberian pakan pada kandang panggung jauh lebih mudah dan energi itik lebih difokuskan untuk produksi telur. Penggunaan kandang panggung juga lebih dapat menjamin keamanan itik. Namun, modal yang dibutuhkan untuk pembuatan kandang panggung jauh lebih mahal dan itik lebih rawan terjepit di antara sela-sela lantai.

Kandang baterai

Peternakan itik yang menggunakan kandang baterai dapat memudahkan pekerjanya saat memanen telur. Telur yang dihasilkan dari peternakan juga lebih bersih dan bagus. Penggunaan kandang baterai juga dapat mempermudah proses kontrol produksi telur. Proses perawatan itik menjadi lebih terukur. Namun, modal pembuatan kandang baterai lebih mahal dan pengelolaannya harus dilakukan dengan cermat.

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Beternak Ayam Petelur

Kandang kombinasi tertutup dan terbuka

Sebenarnya, peternakan itik petelur lebih cocok menggunakan model kandang ini. Hal ini karena itik bisa beristirahat dengan tenang di dalam kandang tertutup dan bisa beraktivitas di kandang terbuka. Kandang multifungsi ini juga tidak terlalu mahal dibanding beberapa kandang lain yang terkenal membutuhkan biaya pembuatan yang mahal.


loading...