MSG Bisa jadi Pengganti Pupuk, Benarkah Begitu?


Pertanianku — Bagi para pehobi tanaman, baik tanaman bunga maupun tanaman lainnya tentu sudah banyak yang mengetahui bahwa Monosodium glutamat (MSG) bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Mereka memang beranggapan bahwa MSG bisa jadi pengganti pupuk.

pengganti pupuk
Foto: Shutterstock77

Banyak orang yang mengklaim bahwa tanaman mereka jadi subur setelah disiram dengan larutan penyedap rasa. Dikatakan juga berkat aplikasi micin atau penyedap rasa tersebut tanaman mereka jadi rajin berbunga dan berbuah.

Memang benar, ada banyak bahan atau material yang bukan pupuk namun bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Bahan-bahan atau material tersebut banyak tersedia di sekitar kita, misalnya air cucian beras, ampas teh, kulit telur, dan micin atau penyedap rasa.

Kenapa MSG bisa menyuburkan tanaman?

MSG atau monosodium glutamat merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial yang banyak terdapat di alam. Alasan kenapa MSG bisa digunakan untuk pupuk tanaman adalah adanya natrium (Na) tersebut. Natrium (Na) adalah salah satu unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Apa peran dan fungsi natrium (Na) pada tanaman?

Natrium (Na) merupakan salah satu unsur hara fungsional dan bukan termasuk unsur hara esensial. Natrium (Na) bukan merupakan unsur hara yang “sangat” penting bagi tanaman. Sebab, tanpa natrium (Na) pun tanaman masih mampu tumbuh normal dan subur, asalkan unsur-unsur hara lainnya terpenuhi.

Unsur hara natrium (Na) adalah unsur hara fungsional yang berarti peran dan fungsinya bisa digantikan oleh unsur hara yang lain. Akan tetapi, keberadaan unsur natrium (Na) dapat membantu membuat tanaman menjadi lebih subur. Unsur hara natrium berperan dalam pembukaan stomata, berperan dalam pembentukan umbi, mencegah busuk umbi dan dapat menggantikan fungsi serta peran unsur hara kalium (K).

Baca Juga:  Pengolahan Lahan untuk Mencegah Penyakit Tanaman Sayur

Benarkah MSG bisa digunakan sebagai pengganti pupuk?

Persepsi yang berkembang di kalangan gardener dan sebagian petani adalah “MSG sebagai pengganti pupuk”. Ini perlu diluruskan, peran pupuk tidak bisa digantikan oleh MSG. Pupuk adalah suatu material yang terdiri atas berbagai macam jenis unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Sementara, MSG hanyalah mengandung unsur natrium (Na).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa natrium (Na) bukan merupakan unsur hara esensial dan perannya bisa digantikan oleh unsur hara lain. Tanaman tidak akan mampu menyelesaikan siklus hidupnya hanya dengan berbekal natrium (Na).

Tanaman mampu tumbuh dengan baik dan mampu menyelesaikan siklus hidupnya dengan normal walaupun tanpa natrium (Na). Jadi, kesimpulannya, MSG bukan pengganti pupuk dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti pupuk.

loading...
loading...