Mudah Beternak Kambing Boer

Pertanianku – Kambing boer merupakan jenis kambing pedaging yang berasal dari Afrika. Boer dalam Bahasa Afrika berarti petani. Jadi, kambing boer dapat diartikan ebagai jenis kambing yang diternakkan dan dikonsumsi.

Mudah Beternak Kambing Boer

Pertumbuhan kambing boer terbilang cukup cepat. Kambing ini dapat dipasarkan berusia sekitar enam bulan dengan berat mencapai 35–45 kg. Rata-rata pertumbuhannya setiap hari adalah sekitar 0,02–0,04 kg. Jika dibandingkan dengan kambing lokal, presentase daging kambing boer mencapai 40–50% yang jauh lebih tinggi.

Loading...

Ciri-ciri kambing boer antara lain kambing ini mempunyai bentuk tubuh yang panjang, lebar dan berbulu putih. Kakinya pendek, hidung cembung dan telinga yang panjang menggantung.

Memiliki warna perpaduan putih dengan cokelat kemerahan atau cokelat muda hingga cokelat tua pada bagian kepalanya saja. Dari bagian ubun-ubun sampai hidung ada garis sejajar kebawah yang berwarna putih. Kambing ini senang berjemur disiang hari.

Terdapat tiga kualifikasi kambing boer dan turunannya. Yang pertama adalah jenis kambing boer full blood. Kambing ini adalah 100% jenis keturunan kambing boer yang memiliki darah murni dari nenek moyang dan belum pernah tercampur dengan persilangan kambing lain.

Kambing ini asli dari daratan Afrika Selatan, jika menginginkan kambing boer murni Anda harus impor dari Afrika Selatan. Kedua, adalah jenis kambing boer pure breed, merupakan peranakan dari kambing boer betina.

Dimana darah kambing boer masih murni dan tercatat oleh IBGA dengan presentase mencapai 93,75% serta disebut juga betina F4. Sedangkan peranakan kambing boer jantan mencapai 96,88% darah keturunan boer murni yang juga sudah tercatat di IBGA dan disebut pejantan F5.

Ketiga adalah jenis kambing boer campuran. Kambing ini merupakan keturunan yang mempunyai 50% darah murni kambing boer full blood dengan jenis kambing lain. Baik betina boer murni dengan pejantan jenis lain ataupun sebaliknya, pejantan boer murni dengan betina jenis yang lain.

Baca Juga:  Cara Mencegah Bibit Penyakit Berkembang di Kandang Ayam

Di Indonesia mengembang-biakkan jenis kambing ini masih sangat minim. Bagi Anda yang berminat beternak kambing boer merupakan langkah yang sangat tepat. Karena peluang bisnis kambing boer sangat menjanjikan terlebih masih sangat jarang orang yang beternak kambing boer di Indonesia.

Loading...
Loading...