Mudah Buat Perangkap Belut Sawah dengan Cara Ini


Pertanianku — Terkenal karena gizi dan nutrisinya, belut sering dikonsumsi oleh manusia. Namun untuk mendapatkan hewan yang satu ini sangat sulit karena belut sawah aktif sekali pada malam hari. Oleh karena itu, pembuatan perangkap belut sawah perlu dilakukan.

perangkap belut sawah
Foto: Google Image

Kondisi malam yang gelap tentunya perlu pengawasan yang hati-hati jika ingin menangkap belut sawah. Supaya Anda tidak perlu repot-repot menunggu hingga semalaman hanya untuk menangkap belut sawah, Anda bisa membuat perangkap. Yuk, disimak ulasan tentang pembuatan beberapa perangkap belut sawah sederhana.

  1. Perangkap belut sawah dari pipa paralon

Pipa paralon bisa Anda gunakan untuk membuat perangkap belut sawah. Cara membuat perangkap belut sawah dari pipa paralon sendiri sangat mudah. Siapkan alat dan bahan untuk membuat perangkap belut sawah dari pipa paralon seperti pipa paralon, gergaji, jaring kawat, gulungan kawat, amplas, dan tang.

Potong pipa paralon sesuai yang diinginkan, lalu amplas sisi ujung mulut pipa paralon. Bentuk jaring kawat seperti kerucut dan masukkan pada bagian dalam pipa paralon. Fungsinya adalah supaya belut tidak kabur. Taruh perangkap pada sawah. Jangan lupa tutupi dengan tanah sawah supaya belut tidak menyadari kalau itu perangkap belut sawah.

  1. Perangkap belut sawah dengan saluran irigasi

Pembuatan perangkap belut sawah dengan saluran irigasi bisa dibilang cara paling efektif karena belut paling banyak ditemukan di dekat saluran irigasi sawah. Sediakan alat dan bahan seperti pipa paralon, gergaji, amplas, dan cangkul.

Potong pipa paralon dengan ujung lancip. Buat menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, buat lubang di dekat saluran irigasi sawah untuk perangkap belut. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan kondisi tanah yang ada.

Taruh pipa paralon di dekat lubang saluran irigasi yang sudah dibuat. Supaya pipa paralon tidak berpindah tempat Anda bisa menguburnya atau merekatkan dengan tanah basah yang ada di sawah. Tunggu hingga belut terperosok pada lubang yang sudah dibuat. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi perangkap.

  1. Perangkap belut sawah dengan pipa paralon dan galon bekas
Baca Juga:  Tips Rahasia Mempercepat Pertumbuhan Gurami

Bagi Anda yang lokasi sawahnya tidak memiliki tanah berlebih untuk membuat lubang, Anda bisa menggunakan galon bekas sebagai wadah penampung belut. Siapkan alat dan bahan untuk membuat perangkap belut sawah di antaranya galon, pipa paralon, pisau, gergaji, amplas, dan solder.

Buat lubang berbentuk kotak pada galon bekas. Kemudian buat lubang pada sisi lainnya berbentuk bulat menggunakan solder. Ukurang lubang berbentuk bulat tergantung dari ukuran pipa paralon yang digunakan. Amplas lubang pipa galon supaya terlihat rapi perangkap belut sawah yang dibuat. Kemudian, masukkan pipa paralon pada lubang yang sudah Anda buat di galon.

Terakhir, Anda bisa menempatkan perangkap pada lokasi yang diinginkan. Supaya perangkap belut sawah yang dibuat tidak diketahui oleh belut, Anda bisa melumurinya dengan tanah. Adapun membenamkannya dengan menggunakan tanah basah dari sawah dapat membuat perangkap belut sawah tidak berpindah tempat.