Mudah! Cara Menanam Kencur Bagi Pemula di Rumah

Pertanianku — Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat atau empon-empon yang masuk dalam suku Zingiberaceae atau suku temu-temuan. Berdasarkan kabar teranyar, harga kencur saat ini melonjak tinggi karena pasokan yang sangat sedikit. Nah, daripada Anda membeli dengan harga mahal, lebih baik menanam sendiri di rumah. Cara menanam kencur bagi pemula sebenarnya cukup mudah.

Cara menanam kencur
Foto: Google Image

Pada musim penghujan kencur akan tumbuh dengan baik. Untuk menanam kencur, Anda juga bisa menanamnya di pot, polibag, atau karung. Berikut ini langkah-langkah mudah menanam kencur bagi pemula yang wajib Anda simak.

Persiapan bibit kencur

Loading...

Pilihlah bibit kencur yang berkualitas agar hasilnya pun nanti berkualitas. Pilihlah rimpang kencur yang tua, yakni telah berumur sekitar 10 bulan dan memiliki calon tunas (minimal dua calon tunas). Setelah rimpang untuk bibit diperoleh, letakkan bibit-bibit tersebut pada tempat yang tidak terkena matahari secara langsung selama beberapa hari hingga siap tanam.

Persiapan media tanam

Siapkan polibag atau pot yang berukuran agak besar. Jika ingin yang lebih besar lagi, Anda dapat menggunakan karung. Isikan media tanam ke dalamnya. Media tanam tersebut berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, bisa juga campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 4 : 1. Setelah diisi media tanam, letakkan polibag, pot atau karung tanam pada tempat yang teduh selama sekitar 1—2 hari sampai kondisi tanah stabil.

Penanaman kencur

Buatlah lubang tanam pada media tanam sedalam 5—7 cm atau disesuaikan dengan panjang rimpang bibit kencur menggunakan pisau atau yang lainnya. Dalam satu media tanam, ditanami 2 rimpang bibit dengan jarak penanaman sekitar 10—15 cm. Posisi penanaman, yaitu bagian calon tunas menghadap ke atas.

Baca Juga:  Penyebab Benih Jagung yang Ditanam Tidak Tumbuh

Pemeliharaan tanaman kencur

Lakukan perawatan pada tanaman berupa penyiraman secara rutin, yaitu 2 kali sehari pada pagi dan sore hari apabila tidak hujan. Supaya tanaman lebih sehat, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Jika ada rumput yang tumbuh di sekitar tanaman, segera bersihkan dengan cara mencabutnya.

Hama yang sering menyerang tanaman kencur adalah ulat pemakan daun. Pengendalian hama ini dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan mengambil bagian yang terserang, kemudian hama dimatikan.

Loading...
Loading...